Peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika pokok bahasan kalor melalui penerapan pembelajaran model peoblem based learning (PBL) di kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Ratna Anggraini
Main Author: | Anggraini, Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18230/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelPBLmotivasiprestasiHasilobservasiawalyangdilakukandikelasVII-GSMPNegeri10Malangmenunjukkanpembelajaranfisikapadaumumnyamasihberpusatpadagurudanmenggunakanmetodeceramah.Motivasibelajarsiswadilihatdariaspekperhatianlamabelajarusahairamaperasaanekstensidanpenampilanselamapembelajaranmasihrendah.Demikianpulaprestasibelajarfisikasiswajugamasihrendah.Prestasibelajarsiswayangrendahditunjukkandarihasilulangansiswapadababwujudzatdarihasilulangantersebuthanya8siswayangtuntasdari41siswadengannilairata-ratakelas5822.KeadaaniniakandicobadiperbaikidenganpenerapanpembelajaranModelProblemBasedLearning(PBL).Modelpembelajaraninidiprediksidapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswadenganmenempatkansiswasebagaipusatpembelajaran.AdabeberapatahappokokdalampembelajaranModelPBLyaituOrientasipadaMasalahMengorganisasiSiswauntukBelajarMembimbingPenyelidikanIndividualdanKelompokMengembangkandanMenyajikanHasilKaryaMenganalisisdanMengevaluasiProsesPemecahanMasalah.PenelitiandikelasVII-GSMPNegeri10MalangpadabulanMaret-Apriltahunpelajaran2009/2010padamateripokokKalor.Jenispenelitianyangdigunakanadalahjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.Padapenelitianinipenelititerlibatlangsungdalamseluruhprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanpembelajaranpengumpulandatahinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaketerlaksanaanpembelajaranModelPBLdikelasVII-Gtelahterlaksana6682%padaSiklusIdan8889%padaSiklusII.MotivasibelajarsiswalevelindividuselamaSiklusIdanSiklusIImengalamipeningkatanpadasemuaaspekyaituperhatianadalah3658%padalamabelajarsebesar3577%usahasebesar3658%iramaperasaansebesar2287%ekstensi2560%danpenampilansebesar3049%.PadalevelkelasmotivasibelajarsiswajugamengalamipeningkatanyangditunjukkandenganbertambahnyajumlahsiswayangberperilakupositifyangmenggambarkanmotivasiselamapembelajaranberlangsungsepertiyangdihipotesiskanLampiranII.Sedangkanprestasibelajarsiswalevelindividumengalamipeningkatansebesar4634%danpadaSiklusIIsebesar1952%.PrestasibelajarsiswalevelkelasjugamengalamipeningkatanyangditunjukkandenganbertambahnyajumlahsiswayangberperilakupositifyangmenggambarkanprestasiselamapembelajaranberlangsungsepertiyangdihipotesiskanLampiranII.