Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) berbasis praktikum siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kotaanyar Kabupaten Probolinggo / Yossi Krisdiana

Main Author: Krisdiana, Yossi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18229/
Daftar Isi:
  • KatakunciKeaktifanprestasibelajarmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairandSharePraktikum.BerdasarkanhasilwawancarayangdilakukanpadasiswakelasVIII-ASMPNegeri1Kotaanyaryangsebagianbesar(55%)menyatakanbahwafisikaitusulitdanmembosankan.Keadaaninididukungmasihrendahnyaprestasibelajarsiswayangditunjukkandarihasiltesulanganhariandengannilairata-ratasebesar512.SelainituadakecenderungansiswakelasVIII-Asaatmengikutipelajaranfisikayaitu(1)aktivitasyangdilakukansiswakurangaktif(2)kurangmerespon(3)kurangbersemangat(4)biladiberipertanyaanasalmenjawabsajadan(5)biladiberitugastidakdikerjakansertakurangpercayadiri.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswadanmeningkatkanPrestasibelajarfisikasiswakelasVIII-ASMPNegeri1KotaanyarProbolinggomelaluimodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairandShare(TPS)BerbasisPraktikum.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukandiSMPNegeri1KotaanyarProbolinggodengansubyekpenelitiankelasVIII-Adenganjumlah40siswaterdiridari18siswaperempuandan22siswalaki-laki.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaiturencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)LKSlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembarkeaktifansiswadancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairandShare(TPS)BerbasisPraktikumdapatmeningkatkanmeliputi(1)KeaktifangurudarisiklusIsebesar841%dansiklusIIsebesar928%padasiklusIgurumasihsulitmengendalikankelasdankurangnyamemenejemenwaktupadasiklusIIgurusudahbisamengendalikankelas.(2)Keaktifansiswameningkatdari6859%menjadi825%.(3)nilairatarataprestasibelajarsiswapadasiklusIsebesar6325denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak55%dari40siswadanpadasiklusIIsebesar7675denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak85%dari40siswa.Peningkatannilairata-rataprestasisiswapadasiklusIdanIIsebesar1425%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairandShare(TPS)BerbasisPraktikumdapatmeningkatkanKeaktifandanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-ASMPNegeri1KotaanyarProbolinggo.