Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-A SMP Negeri 13 Malang / Hilma Nuha Rosyana

Main Author: Rosyana, Hilma Nuha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18227/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPembelajaranInkuiriTerbimbingMotivasiBelajarPrestasiBelajarAdanyakesanbahwamatapelajaranfisikasulitternyatamasihtertanampadadirisiswa.HalinididasarkanpadahasilwawancarayangdilakukanpadasiswakelasVIIASMPNegeri13Malangyangsebagianbesar(5278%)menyatakanbahwafisikaitusulitdanmembosankan.KenyataaninididukungolehdokumengurumengenaihasiltesyangmenunjukkanindikatorprestasisiswakelasVIIASMPNegeri13Malangmasihrendah.Hanya11siswayangnilainyamencapaiKKMdan25siswayangnilainyadibawahKKM.SelainituhasildariwawancaragurusiswakelasVIIASMPNegeri13Malangmasihpasifsaatmengikutipembelajaranfisika.Faktainimenunjukkankurangnyamotivasibelajarsiswa.Borovay(2007201)menyatakanbahwainkuiriterbimbingdapatmeningkatkanmotivasidanmencapaitujuanpembelajaran.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasberupamodelpembelajaninkuiriterbimbingyangdilakukandalamduasiklus.Penelitiandilaksanakanadasemestergenaptahunpelajaran2009/2010dikelasVIIASMPNegeri13Malang.Subyekdalampenelitianiniberjumlah36siswa13siswaputradan23siswaputri.BerdasarkananalisisdanrefleksidiketahuibahwaadapeningkatanpersentaseketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadasiklusIpertemuanImencapai7709%dansiklusIpertemuanIImencapai8542%.SedangkansiklusIImencapai100%.PeningkatanjugaterjadipadamotivasibelajarfisikasiswakelasVII-ASMPNegeri13Malangpeningkataninidapatdilihatdarirerataketigaaspekmotivasiyangmengalamipeningkatan.Reratakuantitasdankualitasusahadalambelajarmeningkatdari6458%menjadi7653%tingginyakeingintahuansiswameningkatdari6620%menjadi7361%dandoronganmenyelesaikantugasmeningkatdari6493%menjadi7465%.Reratapeningkatanmotivasibelajarsiswameningkatdari6514%menjadi7528%dengankualifikasidaricukupbaikmenjadibaik.Selainitupeningkatanterjadipadaprestasibelajarsiswayangditunjukkandari1)skorrata-ratatestulispadasiklusIdansiklusIIyaitudari6985menjadi80dengankualifikasidaricukupberhasilmenjadiberhasil2)jumlahsiswayangmencapaiKKMpadasiklusIdanIIyaitudari6667%menjadi100%dengankualifikasicukupberhasilmenjadisangatberhasil.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswakelasVII-ASMPNegeri13Malang.