Pengaruh penggunaan paket terpadu berbasis konstruktivitas dengan tema deterjen terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Sasono Agung Nugroho
Main Author: | Nugroho, Bayu Sasono Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18226/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPengaruhPaketIPATerpaduKompetensiIPA.PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntuksatuanpendidikandasardanmenengahsecarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.BerdasarkanhasilsurveiyangdiselenggarakanolehproyekManagingBasicEducation(MBE)2006menunjukkanbahwasebagianbesargurumengalamikesulitanuntukmerancangpembelajaranIPATerpaduberdasarkanStandarIsiuntukkurikulumIPA.SelainituhasilpengamatandibeberapatokobukudiwilayahMalangmenunjukkanbahwabelumditemukanbukuIPASMPyangdirancangsecaraTerpadu.Padatahun2009telahdikembangkanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedenganberbagaitemasalahsatunyaadalahtemadeterjenolehKoesdkk.yangtelahdiujikelayakannyameliputipenilaianPaketIPATerpaduolehdosendangurusertaujiketerbacaanbukupanduansiswaolehsiswaSMPtetapibelumdiujisecaraempirikuntukmengetahuikeefektifannyadisekolah.OlehkarenaituperludilakukanpembelajaranIPATerpadumenggunakanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismeyangdiharapkandapatmeningkatkankompetensiIPAsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankompetensiIPA(prestasibelajarkerjailmiahdansikapilmiah)padatemadeterjenantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPAterpaduberbasiskontruktivismedansiswayangmendapatkanpembelajaranmenggunakanpaketIPAyangtidakTerpadu.Rancanganpenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahrancanganeksperimensemu(QuasiEksperimentalDesign).Jeniseksperimensemuyangdigunakanadalahcontrolgrouppretestandposttestdesign.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahrandomsampling.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahujianakovadanujilanjutLSD(LeastSquareDifference).BerdasarkanhasilujianalisisdatamenggunakananakovadiperolehhasilbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanprestasibelajardankerjailmiahantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPATerpadudansiswayangmendapatpembelajarandenganpaketIPAyangtidakTerpadusedangkanuntuksikapilmiahantarasiswayangmenggunakanPaketIPATerpadudansiswayangmenggunakanpaketIPAyangtidakTerpadutidakadaperbedaan