Pengaruh penggunaan paket terpadu berbasis konstruktivitas dengan tema deterjen terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Sasono Agung Nugroho

Main Author: Nugroho, Bayu Sasono Agung
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18226/
Daftar Isi:
  • KatakunciPengaruhPaketIPATerpaduKompetensiIPA.PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntuksatuanpendidikandasardanmenengahsecarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.BerdasarkanhasilsurveiyangdiselenggarakanolehproyekManagingBasicEducation(MBE)2006menunjukkanbahwasebagianbesargurumengalamikesulitanuntukmerancangpembelajaranIPATerpaduberdasarkanStandarIsiuntukkurikulumIPA.SelainituhasilpengamatandibeberapatokobukudiwilayahMalangmenunjukkanbahwabelumditemukanbukuIPASMPyangdirancangsecaraTerpadu.Padatahun2009telahdikembangkanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedenganberbagaitemasalahsatunyaadalahtemadeterjenolehKoesdkk.yangtelahdiujikelayakannyameliputipenilaianPaketIPATerpaduolehdosendangurusertaujiketerbacaanbukupanduansiswaolehsiswaSMPtetapibelumdiujisecaraempirikuntukmengetahuikeefektifannyadisekolah.OlehkarenaituperludilakukanpembelajaranIPATerpadumenggunakanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismeyangdiharapkandapatmeningkatkankompetensiIPAsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankompetensiIPA(prestasibelajarkerjailmiahdansikapilmiah)padatemadeterjenantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPAterpaduberbasiskontruktivismedansiswayangmendapatkanpembelajaranmenggunakanpaketIPAyangtidakTerpadu.Rancanganpenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahrancanganeksperimensemu(QuasiEksperimentalDesign).Jeniseksperimensemuyangdigunakanadalahcontrolgrouppretestandposttestdesign.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahrandomsampling.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahujianakovadanujilanjutLSD(LeastSquareDifference).BerdasarkanhasilujianalisisdatamenggunakananakovadiperolehhasilbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanprestasibelajardankerjailmiahantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPATerpadudansiswayangmendapatpembelajarandenganpaketIPAyangtidakTerpadusedangkanuntuksikapilmiahantarasiswayangmenggunakanPaketIPATerpadudansiswayangmenggunakanpaketIPAyangtidakTerpadutidakadaperbedaan