Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model siklus belajar 5-E untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan kognitif siswa kelas VII B MTs. Surya Buana malang / Imroatul Kholishoh
Main Author: | Kholishoh, Imroatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18221/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipembelajaraninkuiriterbimbingmodelsiklusbelajar5-Ekerjailmiahkognitif.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukandiMTs.SuryaBuanaMalangditemukanbahwaguruyangmengajardikelasVIIBmenggunakanmetodeceramahdalampembelajaranfisikadanjarangmelakukankegiatanpraktikumsehinggakemampuankerjailmiahsiswakurang70%iniberartikemampuankerjailmiahsiswamasihkurangmenurutModifikasiNasution(2007).Hasillainyangditemukanbahwakemampuankognitifsiswakurangdariketutasanyangbelajarklasikalyaituhanya21%.KetutasanbelajarklasikalsiswamenurutSKMmadrasahadalah85%.Usahayangdilakukanuntukmemperbaikipermasalahantersebutyaitumelakukanpenerapanpembelajaraninkuiriterbimbingdenganmodelsiklusbelajar5-E.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuankerjailmiahsiswadankognitifsiswa.Ketercapaiantujuantersebutdilakukandenganmenerapkanpembelajaraninkuiriterbimbingdenganmodelsiklusbelajar5-E.Pembelajaranterdapatkegiatandemonstrasidanpraktikumyangterdiridarimerumuskanmasalahmembuathipotesismerencanakankegiatanmelaksanakankegiatanmengumpulkandatadanmengambilkesimpulandenganpetunjuk-petunjukseperlunyadariseorangguru.Modelsiklusbelajar5-Eterdiridarifasependahuluaneksplorasieksplanasielaborasidanevaluasi..JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaantindakankelasobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIBMTs.SuryaBuanaMalangdenganjumlah19siswayangterdiridari7laki-lakidan12perempuan.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasiuntukmencatatdataketerlaksanaanpembelajarandandatakemampuankerjailmiahtesuntukmencatatdatakemampuankognitifsiswadancatatanlapanganuntukmancatatsegalahalyangberhubungandengankegiatanpembelajaranyangdilakukanolehgurumaupunsiswayangtidaktercantumdalamlembarobservasi.Teknikanalisisdatadalampenelitianadalahanalisisdatakualitatifyangmenggunakanpersentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaraninkuiriterbimbingdenganmodelsiklusbelajar5-EdapatmeningkatkankemampuankerjailmiahsiswayangditunjukkanolehpeningkatanpersentasiseluruhaspekkemampuankerjailmiahdankemampuankognitifsiswakelasVIIBMTs.SuryaBuanaMalang..PersentasikemampuankerjailmiahpadasiklusIsebesar74%meningkatmenjadi8341%padasiklusIIdankemampuankognitifpadasiklusIsebesar4210%meningkatmenjadi8947%padasiklusII.