Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 20 Malang / Desis Silviriyanti
Main Author: | Silviriyanti, Desis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18220/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelTPSaktivitasbelajarprestasibelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganguruIPA(fisika)kelasVIIIDsemesterIISMPNegeri20Malangdiperolehinformasibahwapembela-jaranyangdigunakanmasihdidominasiolehgurudankadangmenggunakandiskusi.Namundiskusiyangdigunakantidakmembuatsiswamenjadiaktifkarenasiswalebihsenangmemilihsendirikelompokdiskusinya.Situasitersebutmembuatprosesbelajarmengajarkurangefektifdanmaksimalsehinggaprestasibelajarsiswamenjadikurangmaksimal.Metode-metodesepertiinimembentuksiswamenjadipasifsehinggaperluadanyamodelpembelajaranyangdapatmembuatsiswamenjadilebihaktif.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmembuatsiswalebihaktifadalahmodelpembelajaranTPS.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklus.BentuktindakanpadasiklusImerupakanperbaikanuntuktindakanpadasiklusII.Tindakanyangdiberikanadalahpene-rapanmodelpembelajaranTPS.SubjekpenelitianadalahkelasVIIIDsemesterIIberjumlah40siswaterdiridari17siswalaki-lakidan23siswaperempuan.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitulembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembaraktivitasbelajarsiswadantestulis.Ketercapaianaktivitasdanprestasibelajarsiswadinyatakandenganmenggunakanpersentase.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTPSdapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswakelasVIIIDsemesterIISMPNegeri20Malang.Penerapanpembelajaraniniterlaksanadenganbaik.HalinidapatditunjukkanpadatahapberfikirberpasangandanberempatdisiklusIyangbelumterlaksanadenganbaikdanlancarmenjadilebihbaikpadasiklusII.AktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIpadakategoribaikdenganpersentaserata-rataaktivitassiswapadasiklusIsebesar7%untukkategoriK(Kurang)54%untuktingkatC(Cukup)dan39%padakategoriB(Baik)mengalamipeningkatankekategoribaikditandaidenganberkurangnyajumlahsiswayangmencapaikategoriKdanCpadasiklusIIyaiturata-rataaktivitassiswapadasiklusIIsebesar0%untukkategoriK(Kurang)465%untukkategoriC(Cukup)dan535%padakategoriB(Baik).PrestasibelajarmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIditunjukkanolehpeningkatanskortestulisrata-ratasiswasebesar695(955%)danpeningkatanpersentaseketuntasanbelajarsebesar45%dari40%menjadi85%.