Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan soft skill dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Laili Nur Hidayah

Main Author: Hidayah, Laili Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18219/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPembelajaranKooperatifTipeJigsawSoftSkillPrestasiBelajar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpenelitidikelasVII-6SMPNegeri6Malangmenunjukkanbahwapembelajaranfisikadikelashanyadidominasiolehsiswayangpandaisajasedangkansiswayanglaincenderungdiamataupasif.Halinidisebabkansiswakurangpercayadiridanbertanggungjawab.Kondisitersebutmendorongperlunyapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdalampembelajaran.Penelitianinimemilikitigatujuan(1)mengetahuiketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipejigsaw(2)mengetahuipeningkatansoftskillmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsaw(3)mengetahuipeningkatanprestasibelajarfisikasiswamelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsaw.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianpenelitiantindakankelas.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-6SMPNegeri6Malangdenganjumlah42siswayangterdiridari24siswaputridan18siswaputra.Datayangdiambildalampenelitianinimeliputidataketerlaksanaanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdatasoftskilldandataprestasibelajarsiswa.RerataketerlaksanaanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdalampembelajaranyangdilakukangurupadasiklusImencapai8177%danketerlaksanaanpembelajaranyangdilakukansiswasebesar7943%sedangkanketerlaksanaanpembelajaranyangdilakukangurupadasiklusIImencapai9583%danketerlaksanaanpembelajaranyangdilakukansiswasebesar9531%.Rerataprestasibelajarsiswasebelumpelaksanaantindakanmencapai79.RerataprestasibelajarsiswasetelahpelaksanaansiklusImencapai8158.Rerataprestasibelajarsiswasetelahpelaksanaansiklus2mencapai8915.ReratasoftskillsiswapadasiklusIadalah6071%sedangkanpadasiklusIImencapai8601%.Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)keterlaksanaanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdikelasVII-6SMPNegeri6MalangmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar1406%olehgurudan1588%olehsiswa.(2)PenerapanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdapatmeningkatkanreratasoftskillsiswakelasVII-6MalangdarisiklusIkesiklusIIsebesar253%.(3)PenerapanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawdapatmeningkatkanrerataprestasibelajarsiswakelasVII-6SMPNegeri6MalangdarisiklusIkesiklusIIsebesar759.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankan(1)Gurudalammenerapkanpembelajaranmodelkooperatiftipejigsawsebaiknyalebihintensifdalammemberikanbimbingankepadasiswapadatahapdiskusikelompokahlidandiskusikelompokasal(2)Dalamsetiappembelajaransebaiknyaguruselalumeningkatkansoftskillsiswakhususnyapadaaspekinterpersonalskill(3)Berdasarkanhasilpenelitianinisebaiknyadigunakanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.