Efektivitas pembelajaran dengan metode demontrasi dan pemberian tugas terstruktur terhadap peningkatan prestasi belajar fisika pokok bahasan zat dan wujudnya pada siswa kelas I semester I SMP Negeri 3 Jorong Tanah Laut tahun pelajaran 2003/2004

Main Author: Tarkani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18198/
Daftar Isi:
  • SampaisaatinimutupendidikandiIndonesiamasihrendahyangtercermindarirendahnyahasilUANSMPterutamabidangstudiIPAkhususnyaFisika.Skorrata-rataNUANM200212003siswaSMPNegeri3JorongTanahLautKalimantanSelatanpadapelajaranIPAadalah643.Skorrata-ratatespelajaranfisikapadapokokbahasanbesarandansatuanadalah580.Skorinimasihtergolongrendahdanperludicaripemecahanuntukmeningkatkanskortersebut.Penelitianinibertujuan(1)untukmengetahupierbedaapnrestasbielajarsiswayangdiajardenganmetodedemonstrasyiangdiseriaipemberiantugasterstrukturterhadapmetodeceramah(2)untukmengetahuaipakahmetodedemonstrasyiangdisertaipemberiantugasterstrukturlebihefektifdaripadametodeceramah.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri3Jorong-KabupatenTanahLautKalimantanSelatanpadasemesteIrtahunpelajaran2003/2004P.opulasipenelitianiniadalahsiswakelasIyangterdiridari3kelasdandiambilsampelsecaraacakkelassebagaikelompokeksperimendankelassebagaikelompokkontrol.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimentaljenisRandomPreTestPosTestDesign.Teknikperlakuannyaadalahkelaseksperimendiajardenganmetodedemonstrasdiandiberitugasterstruktursedangkankelaskontroldiajardenganmetodeceramah.Skorprestasibelajarfisikasiswadiukurdenganinstrumenyangtelahdiujicobakan.Skorprestasibelajarfisikasiswayangdiajardenganmetodedemonstrassiertradiberitugasterstrukturdanmetodecerarnahdiujiperbedaannyadenganstatistikuji-t.Hasilanalisismenyimpulkanbahwaterdapatperbedaanskorprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodedemonstrasdiisertaipemberiantugasterstnrkturterhadapskorprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeceramah.Peningkatanprestasibelajarfisikakelompoksiswayangdiajardenganmetodedemonstrassiertadiberitugasterstrukturlebihtinggidaripadakelompoksiswayangdiajardenganmetodeceramah.