Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Siti Halimatun
Main Author: | Halimatun, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18188/ |
Daftar Isi:
- KatakunciImplementasiPaketIPATerpaduKompetensiIPAPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsisecarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPAterpadunamunpembelajaranIPAdibeberapasekolahmasihterpisahsehinggahalinimempengaruhikompetensiIPAsiswa.Pembelaja-ranIPAdiSMPN1TumpangmasihdilaksanakansecaraterpisahsalahsatualasannyakarenatidakadanyapanduanpembelajaranIPAterpadu.Padatahun2009telahdibuatpaketIPAterpaduberbasiskonstruktivismedenganbeberapatemayangsesuaisalahsatunyatemaHujanAsam.PaketIPAterpadutersebutbelumdiimplementasikansehinggatidakdiketahuiapakahpakettersebutdapatmeningkatkankompetensiIPAsiswaatautidak.BerdasarkanhaltersebutmakadilakukanpenerapanpaketpembelajaranIPAterpaduyangdapatmembantupelaksanaanpembelajaranIPAterpadu.PenerapanpaketinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpaketpembelajaranIPAterpaduberbasiskonstruktivismedengantemahujanasamterhadapkompetensiIPA(prestasibelajarkerjailmiahdansikapilmiah)siswaSMPNegeri1Tumpang.Penelitianinitermasukpenelitiankuantitatif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksperimensemu.SampelpenelitianadalahsiswakelasVIISMPNegeri1Tumpang.Sampeldiambildenganteknikrandomsampling.Sampelsebanyak61siswa.PenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-April2010diSMPN1Tumpang.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahpembelajaranmenggunakanpaketIPAterpaduberbasiskonstruktivismedengantemahujanasampadakelaseksperimendanpembelajarankonvensionalpadakelaskontrol.SedangkanvariabelterikatadalahkompetensiIPA.Ujianalisismenggunakanujianakova.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanprestasibelajardankerjailmiahantarasiswayangmenerimapembelajarandenganpaketIPAterpaduberbasiskonstruktivismedengantemahujanasamdansiswayangmenerimapembelajaransecarakonvensional.Halinitercerminpadanilaisignifikansiujianalisisnilaiprobabilitasprestasibelajar(0.006)dari0.05dannilaiprobabilitaskerjailmiah(0.000)0.05berdasarkanujilanjutdiperolehnilaimeandifferenceyangpositifyangberartibahwaadaperbedaanyangsiknifikanpadakeduanya.Nilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggidarinilairata-ratakelaskontroldengankatalainpembelajaranmenggunakanpaketIPAterpaduberbasiskonstruktivismedengantemahujanasamlebihmeningkatkankompetensiIPAsiswa.Sedangkanuntuksikapilmiahtidakadaperbedaanantarakelaseksperimendengankelaskontrol.Haliniterlihatdarinilaiprobabilitassikapilmiahsiswa(0.337)0.05.