Pengaruh implementasi paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Bayu Rahendra Purbantoko

Main Author: Purbantoko, Bayu Rahendra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18164/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurbantokoBayuRahendra.2010.PengaruhImplementasiPaketIPATerpaduBerbasisKonstruktivismedenganTemaEnergiterhadapKompetensiIPASiswaKelasVIIISMPNegeri1MalangSemesterIITahunAjaran2009/2010.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang(1)Drs.Sumaryono(II)Drs.H.ParlanMSi.KataKunciIPATerpaduPaketIPATerpaduKompetensiIPA.PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntuksatuanpendidikandasardanmenengahsecarategasdinyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.Padatahun2009telahdikembangkanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedenganberbagaitemasalahsatunyaadalahtemaenergiolehMauladanayangtelahdiujikelayakannyameliputipenilaianPaketIPATerpaduolehdosendangurusertaujiketerbacaanbukupanduansiswaolehsiswaSMPtetapibelumdiujisecaraempirikuntukmengetahuikeefektifannya.OlehsebabituperludilakukanimplementasipaketIPATerpaduyangdapatmembantuprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankompetensiIPApadatemaenergiantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPAterpaduberbasiskontruktivismedansiswayangmendapatpembelajaransecarakonvensional.Rancanganeksperimenyangdigunakanpadapenelitianiniadalahrancanganeksperimensemu(QuasiEksperimentalDesign).Jeniseksperimensemuyangdigunakanadalahthepretest-postestnonequivalentcontrolgroupdesign.SampelpadapenelitianiniadalahkelasVIIICsebagaikelaseksperimendankelasVIIIBsebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.InstrumenperlakuanberupapembelajaranmenggunakanpaketIPATerpaduberbasiskontruktivismetemaenergidanpanduanpelaksanaannyayangdiberikanpadakelaseksperimen.PaketIPATerpaduberbasiskontruktivismetemaenergidanpanduanpelaksanaannyatelahdibuatolehMauladana(2009).Sedangkaninstrumenpengukuranyangdigunakanberupatestertulisuntukmengukurprestasibelajardankerjailmiahsertainventoriuntukmengukursikapilmiahsiswa.BerdasarkanhasilujihipotesismenggunakananakovadiperolehhasilbahwaterdapatperbedaanKompetensiIPA(prestasibelajarkerjailmiahdansikapilmiah)padatemaenergiyangsignifikanantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPATerpadudansiswayangmendapatpembelajaransecarakonvensional.Darianalisistersebutdiperolehbahwaskorrata-ratakompetensiIPAkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.