Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis kontekstual tema pemuaian pada berbagai wujud zat untuk siswa SMP kelas VII / Khoirun Nisa

Main Author: Nisa, Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18160/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNisaKhoirun.2010.PengembanganBahanAjarIPATerpaduberbasiskontekstualTemaPemuaianpadaberbagaiwujudZatuntukSMPkelasVII.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(II)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.EdPh.DKataKuncibahanajarIPAterpadupendekatankontekstualPembelajaranyangdianjurkandalampelaksanaanKTSPberdasarkanstandarprosesadalahdenganpendekatankontekstual.PadajenjangSMP/MTsmatapelajaranIPAadalahterpadu.IPATerpadumerupakanperpaduanduabidangkajianataulebihyangberhubungandandiajarkandalambentuksatukesatuantema.SalahsatukendalanyaadalahbahanajarIPATerpaduyangdisajikandalambentuktemamasihbelumadayangberedardimasyarakat.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarIPATerpaduberbasiskontekstualdengantemaPemuaianpadaberbagaiWujudZatuntuksiswaSMPkelasVII.Pengembanganbahanajarmenggunakandesainpenelitianpengembangan(ResearchandDevelopment)olehBorgdanGall1983.Langkahlangkahyangdilakukanadalahstudipendahuluanpengembanganprodukpenilaianprodukrevisiproduk.PenilaiandrafprodukdilakukanolehdosenfisikadosenkimiadanguruSMPmasingmasingsatuorang.PenilaianmenggunakanduainstrumenyangberbedayaituangketpenilaianbahanajarIPATerpadudaninstrumenpenilaianbahanajar.teknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisperhitunganrata-ratayangdiadaptasidariArikunto.HasilpenelitianberupabahanajarIPATerpaduberbasiskontekstualdengantemapemuaianpadaberbagaiwujudzatuntukSMPkelasVII.Bahanajarhasilpenelitianberupabukuteks82halamanyangterdiridarihalamanmukadaftarisidaftargambardaftartabelpetakonsepbagianisidaribahanajaryangterdirimateribahanajardanlembarkegiatansiswarangkumansoalevaluasikuncijawabanglosariumdandaftarpustaka.Hasilpenilaiandariujikelayakanadalah3.27darirentangnilai1-4dengankriteriabahanajaryangdikembangkanadalahsangatlayak.