penerapan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas viii smp negeri 23 malang pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran / firda amelia

Main Author: Amelia, Firda Amelia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/181593/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilaksanakandengansistemdalamjaringanataudaring(online)karenapenelitianinibertepatandenganperaturanpemerintahagarsekolahtidakmelaksanakanpembelajarantatapmukadikelasselamapandemiCovid-19belumdituntaskanolehpemerintah.Permasalahanutamapadapenelitianiniadalahrendahnyapemahamansiswapadamaterilingkarandikelas8.6SMPNegeri23Malangyangdimanaakanditerapkanpadamaterigarissinggungpersekutuandualingkaran.Olehsebabitudalampenelitianinimemilikitujuanpenelitianuntukmemperolehdeskripsitentangpenerapanmodelpenemuanterbimbingyangdapatmeningkatkanpemahamansiswapadagarissinggungpersekutuandualingkarandikelas8.6SMPNegeri23Malang.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)dengandesainpenelitianyangmengacupadaKemmisdanMc.Taggartyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas8.6SMPNegeri23Malangyangberjumlah32orangsiswayangterdiridari16orangsiswalaki-lakidan16orangsiswaperempuan.Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpenemuanterbimbingdapatmeningkatkanpemahamansiswapadamaterigarissinggungpersekutuandualingkarandikelas8.6SMPNegeri23Malangyangditempuhdengancaragurumerumuskanmasalahsiswamenyusundanmenganalisisdatasertamembuatkonjekturdenganbimbinganguruseperlunyasiswamempresentasikanhasilpenemuannyasiswamengerjakansoallatihantambahangurubersamasiswamenyimpulkanmateriyangdipelajari.HaltersebutdapatdilihatpadapeningkatanpemahamansiswadarisiklusIkesiklusII.