Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Malang / Purwaning Handayani

Main Author: Handayani, Purwaning
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18159/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandayaniPurwaning.2010.PengembanganPaketIPATerpaduBerbasisKonstruktivismedenganTemaIonuntukSiswaKelasIXdiSMPNegeri1Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SupriyonoKoesH.M.Pd.M.A.(2)Drs.ParlanM.Si.KatakunciIPATerpadukonstruktivismetemaion.PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsimenyatakansecarategasbahwasubstansimatapelajaranIPAuntukSMP/MTsmerupakanIPAterpadu.DilainpihakhasilsurveiterhadapguruIPASMPdiMalangRayamenunjukkanbahwakebutuhanterhadappaketIPAterpadubenar-benarmendesak.Sebanyak946%gurumenyatakanbahwamerekamembutuhkanpaketIPAterpaduuntukpembelajaranIPASMP.HasilpangamatandibeberapatokobukudiMalangmenunjukkanbahwabelumditemukanbukuIPASMPyangdirancangsecaraterpadu.OlehkarenaitudilakukanpenelitiandenganmenyusunPaketIPATerpadubesertapanduanpelaksanaanpembelajaranuntukguru.TujuanpenelitianadalahuntukmengetahuikelayakanPaketdanPanduanPelaksanaanPembelajaranIPATerpadudenganTemaIondiSMPNegeri1Malang.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakanlimalangkahawalmetodeBorgdanGallyaitustudipendahuluanperencanaanpengembanganbentukawalprodukujilapanganawaldanrevisiprodukutama.Kelayakandiukurdenganmenggunakanujivaliditasolehtimahlimateri(duadosenIPA)danpenggunapaket(duaguruIPASMPNegeri1Malang).SelainituenamsiswaSMPNegeri1Malangyangmemilikikemampuantinggisedangdanrendahdimintauntukmembacapaketkemudianmenandaikata-katasulitdankalimatyangbelumdipahami.Halinidilakukanuntukmengetahuiketerbacaanpaketolehsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPaketIPATerpadudenganTemaIonmemperolehnilairata-rata375yangberartilayak.SedangkanPanduanPelaksanaanPembelajaranIPATerpadumemperolehnilairata-rata365yangberartilayak.WalaupuntelahdinilailayakPaketdanPanduanPelaksanaanPembelajaranIPATerpadudenganTemaIonyangdihasilkanbelumdapatdigunakanuntukpembelajarandikelas.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukmelakukanpenelitianpengembanganlebihlanjutterhadapPaketIPATerpadudenganTemaIondenganmelakukankajianeksperimendanujicobayanglebihluassehinggadiperolehpaketdanpanduanpelaksanaanyangterujivaliditasnyasecaraempirisdansiapdigunakan.