pengembangan perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat siswa kelas vii / muhamad farid assegaff

Main Author: Muhamad Farid Assegaff
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/181576/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajaranberupaRPPdanLKSberbasisguidedinquiryuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsertaalatevaluasiberupasoaltespadamateriluasdankelilingbangundatarsegitigadansegiempatkelasVIIyangvalidpraktisdanefektif.PengembanganperangkatpembelajaraninidilakukanberdasarkanmodelpengembanganADDIE.Modeliniterdiridarianalyze(analisa)design(perancangan)develop(pengembangan)implement(implementasi)danevaluate(evaluasi).Ujicobadilakukanpada15siswakelasVIISMPNegeri15Malang.LKSdirancangmenurutsintaksmodelguidedinquirysertahasilyangdiperolehsetiaplangkahnyameliputi(1)penyajianmasalahyangdiberikankepadasiswaagarbisamembuatkerangkaberpikirberupafakta-faktauntukmemecahkannya(2)merencanakanpercobaanmenghasilkanhipotesisjawabansiswauntukmengukursejauhmanakemampuansiswadalammemecahkanmasalah(3)merancangpercobaanmenghasilkanjawabanberupaindikatorpemecahanmasalahmemahamimasalah(4)melakukanpercobaanmenghasilkanjawabansiswaberupaindikatorpemecahanmasalahperencanaanpenyelesaianpenyelesaianmasalahsesuairencanadanpemeriksaankembalihasilyangdidapat(5)mengumpulkandatamenghasilkankumpulandataterkaitapayangdidapatdaripercobaanyangdilakukan(6)membuatkesimpulanmenghasilkanjawabansiswaberupakesimpulanrumusumumbangundataryangdidapatkansesuaidengantujuanpembelajaranyangdicapai.HasilpengembanganmenunjukkanRPPdanLKSdalamkriteriakevalidanyaituvaliddenganskormasing-masingadalah341dan333.HasilujicobamenunjukkanbahwaRPPdanLKSdalamkriteriakepraktisanyaitupraktis.Efektifitasperangkatpembelajaranterbuktiefektifdimanakemampuanpemecahanmasalahsiswadapatmeningkatsertaketuntasanbelajarsiswamencapai933%dengannilairata-rata894yangartinyaRPPdanLKSlayakditerapkandalampembelajaran.