Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII pada materi lingkaran / Natya Kirana Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Natya Kirana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/181567/
Daftar Isi:
  • Perangkatpembelajaranmerupakansekumpulansumberbelajaryangdigunakansiswadanguruselamamelakukanpembelajaran.BentukperangkatpembelajaranantaralainRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS).BerdasarkanpenelusurandilapanganperangkatpembelajaranyangdigunakanolehMTsN1KotaMalangberupabukucetakdaripemerintahedisitahun2016danmasihmenggunakanmetodeceramah.Akibatnyasiswamengalamikesulitandalammenerimasoalyangtidaksepertidicontohkanolehguru.Metodepembelajaranyangdapatmemfasilitasisiswadalammengonstruksisuatukonsepyaitupenemuanterbimbingdimanasiswaberpikirsendiridalammengolahinformasisampaimenemukansuatukonsepyangingindicapai.PengembanganinibertujuanmenghasilkanperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)denganmetodepenemuanterbimbingpadamaterilingkaranyangvalidpraktisdanefektif.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodivikasidarimodelPlompyaitumodelplompyangterdiridaritigafaseyaitu(1)fasepenelitianawal(preliminaryresearch)(2)faseprototype(prototypingphase)dan(3)fasepenilaian(assessmentphase).Produkyangkembangkandiujikualitasnyamelaluiujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanbersamadenganduaorangvalidatoryaitusatudosenmatematikaUniversitasNegeriMalangsebagaivalidatorahlidangurumatematikaMTsN1KotaMalangsebagaivalidatorpraktisi.Ujikepraktisandilakukanolehobserverdenganmenilailembarobservasiaktivitasgurudanlembarobservasikegiatansiswaserta25siswayangmengisiangketsebagairesponterhadapperangkatpembelajaranyangdikembangkan.Ujikeefektifandilakukandiakhirpembelajaransetelahmenggunakanperangkatpembelajarandenganmemberikantestertuliskepada25siswasubjekujicoba.Berdasarkananalisisdatadiperolehujikevalidanmenunjukkanbahwaprodukyangdikembangkanvaliddenganrata-rataskoryaitu3.89untukRPPrata-rataskor3.71untukLKSdanrata-rataskor3.94untuksoalevaluasi.Ujikepraktisanmenunjukkanbahwaprodukyangdikembangkandinyatakanpraktisdenganrata-rataskor3.67apabiladitinjaudarikegiatangururata-rataskor3.89apabiladitinjaudarikegiatansiswadanrata-rataskor3.36apabiladitinjaudariangketresponsiswa.Ujikeefektifandilakukandenganmelihatketuntasan25siswadalamtesevaluasipembelajaran.Ujikeefektifanmenunjukkan84%siswadinyatakantuntasdengannilailebihdariatausamadengan80sehinggaprodukyangdikembangkandapatdinyatakanefektifdigunakandalampembelajaran.Berdasarkanhasilkeseluruhandapatdinyatakanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahvalidpraktisdanefektifdalampembelajaransehinggaprodukyangdikembangkandapatdigunakansebagaisalahsatualternatifperangkatpembelajaranmatematika.