LKPD berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga materi luas permukaan dan volume prisma dan limas / Fithroh Nafa Dzillah

Main Author: Dzillah, Fithroh Nafa Dzillah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/181563/
Daftar Isi:
  • LembarKegiatanPesertaDidik(LKPD)merupakanlembarberisitugasyangdibuatuntukmendukungpesertadidikagarbelajarsecaraaktifdanmampumengkonstruksipengetahuannyasecaramandiri.BerdasarkanhasilobservasipembelajaranmatematikadiMTsMaskumambangGresikbelummenggunakanLKPDdanhanyadiberikanringkasanmateridancontohsoalsehinggapesertadidikmenjaditidakterbiasadalammengkonstruksuatukonsep.OlehkarenaitupenelitianyangdilakukanbertujuanuntukmengembangkanLKPDberbasispenemuanterbimbingberbantuanalatperagamateriluaspermukaandanvolumeprismadanlimasyangmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganPlomp(penelitianpendahuluanpembuatanprototypedanpenilaian).KelayakanLKPDdidasarkanpadahasilujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryaituvalidatorahlidanvalidatorpraktisidenganmengisilembarvalidasidandiperolehhasilbahwaLKPDmemenuhikriteriavaliddenganskorrata-rata395.Ujikepraktisandilakukandenganmenggunakanlembarangketrespongurudanmemenuhikriteriapraktisdenganskor34sertalembarangketresponpesertadidikdanmemenuhikriteriapraktisdenganskorrata-rata336.UjikeefektifandilakukandenganmengunakansoaltesdandiperolehhasilbahwaLKPDyangdikembangkandinyatakanefektifkarena7778%pesertadidikmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.LKPDyangdikembangakandinyatakanvalidpraktisdanefektif.SecarakeseluruhangurumampumelakukanpembelajaranmenggunakanLKPDdenganmengikutilangkah-langkahpembelajaranpadaRPPdanpesertadidiktidakmengalamikesulitanuntukmengikutikegiatanpadaLKPDsertamampumengkonstruksikonsepluaspermukaandanvolumeprismadanlimas.Sehingga.LKPDlayakdigunakandalampembelajaran.