LKPD berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga materi luas permukaan dan volume prisma dan limas / Fithroh Nafa Dzillah
Main Author: | Dzillah, Fithroh Nafa Dzillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/181563/ |
Daftar Isi:
- LembarKegiatanPesertaDidik(LKPD)merupakanlembarberisitugasyangdibuatuntukmendukungpesertadidikagarbelajarsecaraaktifdanmampumengkonstruksipengetahuannyasecaramandiri.BerdasarkanhasilobservasipembelajaranmatematikadiMTsMaskumambangGresikbelummenggunakanLKPDdanhanyadiberikanringkasanmateridancontohsoalsehinggapesertadidikmenjaditidakterbiasadalammengkonstruksuatukonsep.OlehkarenaitupenelitianyangdilakukanbertujuanuntukmengembangkanLKPDberbasispenemuanterbimbingberbantuanalatperagamateriluaspermukaandanvolumeprismadanlimasyangmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganPlomp(penelitianpendahuluanpembuatanprototypedanpenilaian).KelayakanLKPDdidasarkanpadahasilujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryaituvalidatorahlidanvalidatorpraktisidenganmengisilembarvalidasidandiperolehhasilbahwaLKPDmemenuhikriteriavaliddenganskorrata-rata395.Ujikepraktisandilakukandenganmenggunakanlembarangketrespongurudanmemenuhikriteriapraktisdenganskor34sertalembarangketresponpesertadidikdanmemenuhikriteriapraktisdenganskorrata-rata336.UjikeefektifandilakukandenganmengunakansoaltesdandiperolehhasilbahwaLKPDyangdikembangkandinyatakanefektifkarena7778%pesertadidikmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.LKPDyangdikembangakandinyatakanvalidpraktisdanefektif.SecarakeseluruhangurumampumelakukanpembelajaranmenggunakanLKPDdenganmengikutilangkah-langkahpembelajaranpadaRPPdanpesertadidiktidakmengalamikesulitanuntukmengikutikegiatanpadaLKPDsertamampumengkonstruksikonsepluaspermukaandanvolumeprismadanlimas.Sehingga.LKPDlayakdigunakandalampembelajaran.