Pembelajaran integrated model menggunakan bahan ajar IPA terpadu untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas VII SMP Negeri 05 Batu / Lia Widayanti
Main Author: | Widayanti, Lia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18156/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidayantiLia.2010.PembelajaranIntegratedModelMenggunakanBahanAjarIPATerpaduUntukMeningkatkanKeterampilanBerpikirSiswaKelasVIISMPNegeri05Batu.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiHaryotoM.Pd(II)Dra.EndangPurwaningsihM.Si.KatakunciIPATerpaduintegratedmodelketerampilanberpikirsiswaBerdasarkanhasilwawancaradanobservasiawalpadakelasVIISMPNegeri05BatuditemukanbahwapembelajaranIPAseringdilakukandenganmetodeceramah.Rata-ratahasilbelajarIPAsiswapadasemestersebelumnya3919dan8750%siswamendapatkannilaidibawahSKM.KesulitanyangdihadapiolehguruadalahmenyatukankonsepIPAmenjaditerpadumengaktifkansiswaselamaprosespembelajaranmeningkatkanantusiasmesiswaterhadapmateriyangdiajarkandanmeningkatkanketerampilanberpikirsiswa.UntukmengatasipermasalahantersebutmakadisepakatiuntukmenerapkanPembelajaranIntegratedModelMenggunakanBahanAjarIPATerpadu.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Rangkaianpenelitiandilaksanakanmulaitanggal18JanuarihinggaakhirMei2010.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri05Batusemestergenaptahunajaran2009/2010sejumlah32siswa.InstrumenyangdigunakanterdiridariinstrumentindakanyaituRPPdanLKSsertamodulIPATerpadudaninstrumenpengukuranyaitulembarobservasipertanyaandanjawabansiswalembarobservasiketerlaksanaanRPPrubrikpenskoranjawabansiswadantes.DatapenelitanberupadatahasilketerlaksanaanRPPdanketerampilanberpikirsiswa.Peningkatanketerampilanberpikiryangdicapaiolehsiswaditandaidenganmeningkatnyaaktivitastanyajawabsiswaselamaprosespembelajaransertameningkatnyahasiltessiswatiapakhirsiklus.PembelajarandilaksanakanmenggunakanmetodeeksperimentanyajawabdandiskusidenganmateriIPATerpadu.PelaksanaanpembelajaranintegratedmodelmenggunakanbahanajarIPATerpadudenganalokasiwaktu720menit(3x80menitperminggu)dengantemaPemuaianPadaBerbagaiWujudZatmenunjukkanhasilsebagaiberikut.Keterlaksanaanrencanapelaksanaanpembelajaran100%aktivitasguruterlaksanakandanaktivitassiswameningkat1666%.Persentaseaktivitastanyajawabselamaprosespembelajaranmeningkatsebesar2813%sertameningkatkanketerampilanberpikirsiswakelasVIISMPNegeri05Batusebesar9326%padasiklusII.DampakpositifsetelahditerapkantindakanadalahjumlahsiswakelasVIISMPNegeri05BatuyangmampumencapaiSKMmeningkatdari1250%menjadi9375%denganpeningkatansebesar8125%.BerdasarkandatatersebutdapatdisimpulkanbahwapembelajaranintegratedmodelmenggunakanbahanajarIPATerpadudapatmeningkatkanketerampilanberpikirsiswakelasVIISMPN05Batusebesar9326%danjumlahsiswayangberhasilmencapaiSKMhingga8125%.