Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema perubahan partikel dan wujud zat oleh kalor untuk SMP/MTs kelas VII / Anis Fahrurotul Futihat
Main Author: | Futihat, Anis Fahrurotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18155/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFutihat.AnisF.2010.PengembanganBahanAjarIPATerpaduBerbasisSALINGTEMASdenganTemaPerubahanPartikeldanWujudZatolehKaloruntukSMP/MTsKelasVII.Skripsi.JurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd(II)Drs.IWayanDasnaM.SiM.EdPh.D.KatakuncibahanajarIPAterpaduperubahanpartikeldanwujudzatSALINGTEMAS.SalahsatukebijakanpemerintahdalammeningkatkankualitaspendidikandiIndonesiaadalahperubahankurikulum.KurikulumyangberlakudiIndonesiasaatiniadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yaitukurikulumyangidepengembangannyadiletakkanpadaposisipalingdekatdenganpembelajaran.KTSPmenuntutsubstansimatapelajaranIPApadaSMPsebagaiIPATerpaduantarabidangkajianFisikaKimiadanBiologi.Bahanajaryangberedardimasyarakatsaatinimasihbahanajaryangterpisahantaraketigabidangkajiantersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarIPATerpadudanmengukurkelayakanpengembanganbahanajarIPATerpadu.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakandesainpengembanganBorgandGall(1983).Prosedurpengembanganterdiriatas4tahapanyaitustudipendahuluanpengembangandrafprodukpenilaiandrafprodukdanrevisidrafproduk.Drafhasilpengembangandiujikelayakanoleh3orangrevieweryaitudaridosendanguru.Ujiketerbacaandrafdilakukanoleh7orangsiswaSMPN6Blitar.Penilaianujikelayakanprodukpengembanganmenggunakanangkettertutup.Datakuantitatifujikelayakandianalisisdenganteknikreratasedangkandatakualitatifberupatanggapansarandankritikdigunakansebagaipertimbangandalammelakukanrevisiprodukbahanajar.HasilpengembanganiniberupabahanajarIPATerpaduuntuksiswaSMP/MTsKelasVIIdengantemaPerpindahanKalordanAkibatyangditimbulkannyayangmencakupbidangkajianKimiadanFisika.Bahanajarhasilpengembangandalambentukteks75halamanyangterdiridaribagianpendahuluandanbagianisi.Bagianpendahuluanmeliputihalamanmuka(cover)katapengantardaftarisidaftargambardaftartabelSKKDdanindikatordanpetakonsep.Bagianisimeliputipetakonsepuntukmateriyangdibahasuraianmaterirangkumanpersubbabcontohsoallatihanmandiritugasindividutugaskelompokpanduankegiataneksperimenlatihanrangkumanglosariumevaluasikuncijawabandandaftarpustaka.Hasilujikelayakanbahanajaryangdikembangkanmempunyaiskortotalreratasebesar316dantermasukdalamkriterialayak.Haliniberartibahwabahanajarhasilpengembangandapatditindaklanjutimelaluikegiatanujicobadilapangan.