Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA Negeri 8 Malang / Emil Khusnaini
Main Author: | Khusnaini, Emil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18152/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhusnainiEmil.2010.PenerapanPembelajaranKooperatifModelGroupInvestigation(GI)DenganMetodeEksperimenUntukMeningkatkanMotivasiDanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasX.6SMANegeri8Malang.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AsimM.Pd.(II)Drs.Mudjihartono.KataKuncimodelgroupinvestigationmenggunakanmetodeeksperimenmotivasibelajarfisikaprestasibelajarfisika.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasX.6SMAN8Malangdiperolehinformasibahwaselamaprosespembelajarangurumemberikanmaterifisikadenganmenggunakanmodelpembelajarantradisionalyangdidominasiolehmetodeceramah.Metodepraktikumhanyabeberapakalidilaksanakandalamsatusemesternamunterbatasuntukmengujikebenaranhukum-hukumyangsudahada.Metodediskusidengantemansebayabelumpernahditerapkansehinggakemampuanuntukbekerjasamadengantemansebayamenjadikurang.Selainitupenerapanmodelpembelajaranyangselalusamadalamsemuamaterimembuatsiswamerasajenuhpadaakhirnyamenyebabkanmotivasisiswauntukmengikutipelajaranfisikamenjadirendah.Motivasiyangrendahjugamengakibatkanprestasibelajarsiswajugarendah.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswaadalahmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)menggunakanmetodeeksperimen.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanmotivasibelajarfisikadanprestasibelajarfisikasiswakelasX.6SMAN8MalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranGImenggunakanmetodeeksperimen.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.TindakanyangdiberikanadalahpenerapanmodelGImenggunakanmetodeeksperimen.PenelitiandilakukandiSMAN8MalangdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasX.6denganjumlah37siswaterdiridari17siswalaki-lakidan20siswaperempuan.Motivasibelajarfisikasiswadikatakansangatbaikjikaskormotivasi4.5X88045.0baikjikaskormotivasi3.5X88044.5cukupjikaskormotivasi25X880435dankurangjikaskormotivasi1.5X88042.5.Jikaskormotivasidibawah15beratisangatkurang.PrestasibelajardikatakanberhasiljikapersentasesiswayanglulusSKMsebesar85%danrata-ratanilaisiswatingkatkelassebesar75.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranGIdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswakelasX.6SMAN8Malang.MotivasibelajarfisikasiswasecarakeseluruhanmeningkatdarisebelumtindakansampaisetelahsiklusIIsebesar1.11poindari2.92(motivasicukup)menjadi4.03(motivasibaik).PrestasibelajarsiswauntuktingkatindividuyaitujumlahsiswayanglulusSKMmeningkatdarisebelumtindakansampaisetelahsiklusIIsebesar51.39%dari40.5%siswayanglulusmenjadi91.89%.Prestasibelajartingkatkelasmeingkat15.13%darisebelumtindakanyaiturata-rata68.89menjadi79.31setelahtindakan.