Pengembangan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dengan tema bunyi untuk siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang / Inung Diah Kurniawati

Main Author: Kurniawati, Inung Diah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18138/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniawatiInungDiah.2010.PengembanganPaketIPATerpaduBerbasisKonstruksitismedenganTemaBunyiuntukSiswaKelasIXSMPNegeri8Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SupriyonoKoesH.M.PdM.A(2)Drs.TriastonoImamP.M.PdKatakuncikonstruktivismepaketIPAterpadutemabunyiPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006secarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.DisisilainhasilpenelitianKoesH.(200832)terhadappengembanganpaketIPATerpadudiwilayahMalangRayatahun2008menunjukkanbahwa35dari37guruIPAatau946%menyatakanbahwamerekamembutuhkanpaketIPATerpaduuntukpembelajaranIPASMP.SelainituhasilwawancaradengansalahsatuguruIPASMPNegeri8MalangdiketahuibahwapembelajaranIPAsudahmenerapkankurikulumIPAterpadu.Tetapidalampelaksanaannyamaterimasihdisajikansecaraterpisah-pisahantarafisikabiologidankimia.GuruIPASMPNegeri8MalangmerasakesulitandalammerancangmempelajaranIPAterpadu.OlehsebabitudiperlukanpaketIPAterpaduuntukmembantupelaksanaanpembelajaranIPAterpadu.PengembanganinibertujuanuntukmendeskripsikankelayakanpaketIPAterpaduberbasiskonstruktivismedengantemabunyiuntuksiswakelasIXSMPNegeri8Malangdanpanduanpelaksanaanbagiguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangan.Langkahpenelitianpengembanganyangditerapkanpadapenelitianiniadalah(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembanganbentukawalproduk(4)ujilapanganawaldan(5)revisiprodukutama.KelayakanPaketIPATerpadudanPanduanGuruPaketIPATerpadudengantemabunyiditentukandarihasilpenilaianyangdilakukanoleh2dosenMIPAUMdan2guruIPASMPNegeri8Malang.Instrumenyangdigunakanberupaangketkelayakan.InstrumeninitidakdikembangkansendiritetapidiambildaripenelitianKoesH.2009.Jenisdatayangdiperolehberupadatakuantitatifdankualitatif.DatakuantitatifdiperolehdariangketpenilaiansedangkandatakualitatifberupatanggapankritikdansarandaritimpenilaidanhasilketerbacaansiswakelasIXSMPNegeri8Malang.HasilpenilaiandaridosendanguruIPASMPNegeri8MalangmenunjukkanbahwaPaketIPATerpadudenganTemaBunyimemperolehnilairata-rata3.72yangberartilayak.SedangkanPanduanGuruPaketIPATerpadudenganTemaBunyimemperolehnilairata-rata3.76yangberartilayakpula.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaPaketIPATerpadudanPanduanGuruPaketIPATerpadudenganTemaBunyitelahdinilailayak.AgardapatdigunakansebagaipanduandansumberbelajarbagisiswaSMPKelasIXkhususnyadiSMPNegeri8MalangdisarankanagardilakukanpenelitianeksperimentalterhadappaketIPAterpadudanpanduanguruuntukdiketahuikeefektivitasannya.Dengandemikiandiperolehpaketdanpanduanguruyangterujisecaraempiris.DisarankanpulapengembanganpaketIPAterpadudanpanduannyadapatdilakukandengantemayangberbeda.