Pengembangan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dengan tema bunyi untuk siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang / Inung Diah Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Inung Diah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18138/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurniawatiInungDiah.2010.PengembanganPaketIPATerpaduBerbasisKonstruksitismedenganTemaBunyiuntukSiswaKelasIXSMPNegeri8Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SupriyonoKoesH.M.PdM.A(2)Drs.TriastonoImamP.M.PdKatakuncikonstruktivismepaketIPAterpadutemabunyiPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006secarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.DisisilainhasilpenelitianKoesH.(200832)terhadappengembanganpaketIPATerpadudiwilayahMalangRayatahun2008menunjukkanbahwa35dari37guruIPAatau946%menyatakanbahwamerekamembutuhkanpaketIPATerpaduuntukpembelajaranIPASMP.SelainituhasilwawancaradengansalahsatuguruIPASMPNegeri8MalangdiketahuibahwapembelajaranIPAsudahmenerapkankurikulumIPAterpadu.Tetapidalampelaksanaannyamaterimasihdisajikansecaraterpisah-pisahantarafisikabiologidankimia.GuruIPASMPNegeri8MalangmerasakesulitandalammerancangmempelajaranIPAterpadu.OlehsebabitudiperlukanpaketIPAterpaduuntukmembantupelaksanaanpembelajaranIPAterpadu.PengembanganinibertujuanuntukmendeskripsikankelayakanpaketIPAterpaduberbasiskonstruktivismedengantemabunyiuntuksiswakelasIXSMPNegeri8Malangdanpanduanpelaksanaanbagiguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangan.Langkahpenelitianpengembanganyangditerapkanpadapenelitianiniadalah(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembanganbentukawalproduk(4)ujilapanganawaldan(5)revisiprodukutama.KelayakanPaketIPATerpadudanPanduanGuruPaketIPATerpadudengantemabunyiditentukandarihasilpenilaianyangdilakukanoleh2dosenMIPAUMdan2guruIPASMPNegeri8Malang.Instrumenyangdigunakanberupaangketkelayakan.InstrumeninitidakdikembangkansendiritetapidiambildaripenelitianKoesH.2009.Jenisdatayangdiperolehberupadatakuantitatifdankualitatif.DatakuantitatifdiperolehdariangketpenilaiansedangkandatakualitatifberupatanggapankritikdansarandaritimpenilaidanhasilketerbacaansiswakelasIXSMPNegeri8Malang.HasilpenilaiandaridosendanguruIPASMPNegeri8MalangmenunjukkanbahwaPaketIPATerpadudenganTemaBunyimemperolehnilairata-rata3.72yangberartilayak.SedangkanPanduanGuruPaketIPATerpadudenganTemaBunyimemperolehnilairata-rata3.76yangberartilayakpula.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaPaketIPATerpadudanPanduanGuruPaketIPATerpadudenganTemaBunyitelahdinilailayak.AgardapatdigunakansebagaipanduandansumberbelajarbagisiswaSMPKelasIXkhususnyadiSMPNegeri8MalangdisarankanagardilakukanpenelitianeksperimentalterhadappaketIPAterpadudanpanduanguruuntukdiketahuikeefektivitasannya.Dengandemikiandiperolehpaketdanpanduanguruyangterujisecaraempiris.DisarankanpulapengembanganpaketIPAterpadudanpanduannyadapatdilakukandengantemayangberbeda.