Penerapan modul IPA terpadu menggunakan pembelajaran model terpadu (integrated model) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII-A SMP Negeri 7 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Azizah
Main Author: | Azizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18137/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAzizah.2010.PenerapanModulIPATerpaduMenggunakanPembelajaranModelTerpadu(IntegratedModel)untukMeningkatkanHasilBelajarIPASiswaKelasVII-ASMPNegeri7MalangTahunAjaran2009/2010.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd(II)Drs.DwiHaryotoM.PdKatakuncimodulIPAterpadupembelajaranmodelterpaduhasilbelajarUntukmeningkatkankualitaspendidikanpemerintahberusahauntukmenyempurnakankurikulum.PenyempurnaankurikulumyangtelahdilakukansaatiniadalahdenganmenerapkanIPAterpadudalamprosespembelajaranuntukjenjangSekolahMenengahPendidikanPertama(SMP).BerdasarkanobservasiawalyangdilakukandikelasVII-ASMPNegeri7MalangdiketahuibahwapembelajaranIPAmasihdilakukansecaraterpisah-pisahantarakimiafisikadanbiologi.Modelpembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramahdandemonstrasijikadiperlukansehinggasiswacenderungpasifdalampembelajaran.Kemampuansiswapadaranahkognitifmasihrendahyangditunjukkandengannilaitespratindakan.PenelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodulIPATerpadumenggunakanmodelterpadu(IntegratedModel).Pendekatanyangdilakukanpadapenelitianiniadalahpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)dengantindakanberupapenerapanmodulIPAterpadumenggunakanmodelterpadu.Penelitianiniterdiriatas2siklusdantiapsiklusterdiriatastigakalipertemuandengandisertaiperbaikantiapsiklusnya.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-ASMPNegeri7Malangdenganjumlah43siswa.Instrumenpenelitianberupaformatpenilaianhasilbelajarsiswalembarobservasigurumengajardancatatanlapangansertainstrumenpembelajaranmeliputirencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)lengkapdenganLKSdanmoduljugadilengkapidenganvalidasiinstrumenpenelitianolehevaluator.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdanpersentase.Hasilvalidasiinstrumenolehevaluatormenunjukkanbahwasoaltesyangakandiberikandinyatakanvalidwalaupunada1butirsoalyangharusdirevisi.PenerapanmodulIPATerpadumenggunakanmodelterpadumenunjukkanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.PeningkataninidapatdilihatdariketuntasanbelajarsecarakeseluruhanpadaperbandingansiklusIdengansiklusII.Indikatorkeberhasilanuntukranahkognitifterjadipeningkatanbelajarsebesar2791padaranahafektifterjadipeningkatansebesar5349padaranahpsikomotorikterjadipeningkatansebesar6501.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanmodulIPATerpadumenggunakanmodelterpadu(IntegratedModel)dapatmeningkatkanhasilbelajar.