Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2009/2010 / Fiqi Nurhayati Anisa

Main Author: Anisa, Fiqi Nurhayati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18132/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnisaFiqiNurhayati.2010.PeningkatanKemampuanBertanyadanPrestasiBelajarSiswadenganPenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingBagiSiswaKelasVIIISMPNegeri4KepanjenKabupatenMalangTahunAjaran2009/2010.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Sutarman(II)Drs.AsimM.Pd.KatakunciInkuiriTerbimbingkemampuanbertanyaprestasibelajarfisikaBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandikelasVIIIASMPNegeri4KepanjenKabupatenMalangdiperolehdatasaatpembelajaranberlangsunginteraksiantaragurudanmuridsertarasakeingintahuansiswakurangjarangdarisiswayangmengajukanpertanyaankepadagurusehinggasiswacenderungbersifatpasifkarenametodeyangseringdigunakanolehguruadalahmetodeceramah.Gurumenyampaikanmaterisecaralisandanterkadangmemberikancacatansedangkansiswahanyamendengarkansambilmencatat.Metodeceramahyangditerapkanolehgurudapatmenghambatrasakeingintahuansiswatentangmateri-materifisika.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntuklebihdapatmenumbuhkanrasakeingintahuansiswaadalahmodelpembelajaranInkuiriTerbimbing.ModelpembelajaranInkuiriTerbimbingmemungkinkansiswauntukbersediamengajukanpertanyaandalamprosesbelajarmengajar.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingsehinggadapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswakelasVIIIsemesterIIdiSMPNegeri4KepanjenKabupatenMalangtahunajaran2009/2010(2)MengetahuiapakahkemampuanbertanyasiswakelasVIIIAsemesterIIdiSMPNegeri4KepanjenKabupatenMalangTahunajaran2009/2010dapatmeningkathinggamencapaikriteriabaik(60%-79%)setelahditerapankanmodelpembelajaranInkuiriterbimbing(3)MengetahuiApakahprestasibelajarsiswakelasVIIIAsemesterIIdiSMPNegeri4KepanjenKabupatenMalangtahunajaran2009/2010dapatmeningkatsetelahditerapankanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbing.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandenganobservasiwawancaradantes.PenelitiandilaksanakandikelasVIIIAdiSMPNegeri4KepanjenKabupatenMalangdenganjumlahsiswa34orang.HasilanalisispadasiklusIdansiklusIImenunjukkankemampuanbertanyadanprestasibelajarfisikasiswakelasVIIIAsemesterIISMPNegeri4KepanjenKabupatenMalangmengalamipeningkatan.Kemampuanbertanyasiswamengalamipeningkatanyaitudari196761477padasiklusImenjadi704061477padasiklusII.Sedangkanpeningkatanprestasibelajarfisikasiswadapatdilihatdarimeningkatnyagainskorternormalisasiyaitudari061padasiklusImenjadi077padasiklusII.Peningkatankemampuanbertanyadanprestasibelajarfisikasiswadiatasdipengaruhiolehpeningkatanketerlaksanaanpembelajaranyaitudari6417%padasiklusImenjadi9167%padasiklusII.