Pengembangan bahan ajar IPA terpadu dengan pendekatan kontekstual untuk SMP/MTs kelas VII dengan tema penentuan kadar suatu zat / Nisfil Maghfiroh Meita
Main Author: | Meita, Nisfil Maghfiroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18130/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMeitaNisfilM.2010.PengembanganBahanAjardenganPendekatanKontekstualuntukSMPKelasVIIdenganTemaPenentuanKadarSuatuZat.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(II)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.EdPh.DKataKuncibahanajarIPAterpadupendekatankontekstualBahanajarIPASMPyangdigunakansiswasaatinimerupakanbahanajaryangbelumdikemasdalamtopik/tematertentumeskipunsudahberlabelIPAterpadu.IPAterpadumerupakanperpaduanduabidangataulebihdenganmemadukanstandarkompetensidankompetensidasaryangsalingberhubungan.IPAterpadumerupakansubstansimatapelajaranIPASMP/MTsyangmulaiberlakusejakditetapkannnyakurikulum2006yaituKTSP.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarIPAterpaduuntukSMPdenganpendekatankontekstual.PengembanganbahanajarmenggunakandesainDickandCareyyangdimodifikasi.Langkah-langkahyangdilakukanadalah(1)analisissituasiawalyaitumempelajariSKdanKDbidangkajianmenetapkanbidangkajianyangakandipadukanmembuatindikatordariKDyangakandipadukandanmemilih/menetapkantemapemersatu(2)pengembanganbahanajaryangmeliputimengumpulkanpustakamembuatmatrik/baganhubunganKDdantema/topikpemersatumembuatpetakonsepdanpengembaganisibahanajar(3)penulisanbahanajar(4)penilaianbahanajardan(5)revisibahanajaryangmenghasilkanprodukakhirpengembangan.HasilpengembanganbahanajarberupabahanajarIPAterpaduSMPyangterdiridari68halamanyangterdiridaricoverdaftarisi/gambar/tabelindikatorhasilbelajarpetakonseppendahuluanuraianmateriayobereksperimencontohsoallatihkemampuanrangkumanmateriujikompetensiglosariumkuncijawabandanlampiranserta2submateripokokyaitupenggunaanalatukuruntukmengukurmassajenisdanmenentukankadarzat.Bahanajaryangdikembangkandinilaioleh3penilaimenggunakanujikelayakanisidenganduainstrumenyangberbedayaituangketpenilaianbahanajarIPAterpadudaninstrumenpenilaianbukutekspelajaranIPASMP/MTs.Teknikanalisisyangdigunakanmerupakananalisisperhitungannilairata-ratayangdiadaptasidariArikunto.Hasilpenilaiandariujikelayakanadalah313untukrentangan1sampai4menunjukkankriteriabahanajaryangdikembangkanmerupakanbahanajaryanglayak.Kelebihandaribahanajaryangdikembangkanyaitu(1)sesuaidenganKTSP(2)penyusunannyasesuaidenganparadigmapembelajarankontekstual(diawalidengancontoh-contohdalamkehidupansehari-harisiswa)(3)siswadapatmelihathubunganyangbermaknaantaramaterifisikadankimia(4)mengajaksiswauntukbelajarbersosialisasikarenabanyakterdapatpraktikumdankekurangannyayaitu(1)bahanajaryangdikembangkanmenggunakanujikelayakanisibelumvalidasiempiriksehinggabelumdiketahuitingkatefisiensiwaktusetelahdigunakannyabahanajarIPATerpaduhasilpengembangandan(2)sedikitmembahasmateribiologi.