Pengembangan bahan ajar IPA terpadu dengan pendekatan kontekstual untuk SMP/MTs kelas VII dengan tema penentuan kadar suatu zat / Nisfil Maghfiroh Meita

Main Author: Meita, Nisfil Maghfiroh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18130/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMeitaNisfilM.2010.PengembanganBahanAjardenganPendekatanKontekstualuntukSMPKelasVIIdenganTemaPenentuanKadarSuatuZat.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(II)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.EdPh.DKataKuncibahanajarIPAterpadupendekatankontekstualBahanajarIPASMPyangdigunakansiswasaatinimerupakanbahanajaryangbelumdikemasdalamtopik/tematertentumeskipunsudahberlabelIPAterpadu.IPAterpadumerupakanperpaduanduabidangataulebihdenganmemadukanstandarkompetensidankompetensidasaryangsalingberhubungan.IPAterpadumerupakansubstansimatapelajaranIPASMP/MTsyangmulaiberlakusejakditetapkannnyakurikulum2006yaituKTSP.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarIPAterpaduuntukSMPdenganpendekatankontekstual.PengembanganbahanajarmenggunakandesainDickandCareyyangdimodifikasi.Langkah-langkahyangdilakukanadalah(1)analisissituasiawalyaitumempelajariSKdanKDbidangkajianmenetapkanbidangkajianyangakandipadukanmembuatindikatordariKDyangakandipadukandanmemilih/menetapkantemapemersatu(2)pengembanganbahanajaryangmeliputimengumpulkanpustakamembuatmatrik/baganhubunganKDdantema/topikpemersatumembuatpetakonsepdanpengembaganisibahanajar(3)penulisanbahanajar(4)penilaianbahanajardan(5)revisibahanajaryangmenghasilkanprodukakhirpengembangan.HasilpengembanganbahanajarberupabahanajarIPAterpaduSMPyangterdiridari68halamanyangterdiridaricoverdaftarisi/gambar/tabelindikatorhasilbelajarpetakonseppendahuluanuraianmateriayobereksperimencontohsoallatihkemampuanrangkumanmateriujikompetensiglosariumkuncijawabandanlampiranserta2submateripokokyaitupenggunaanalatukuruntukmengukurmassajenisdanmenentukankadarzat.Bahanajaryangdikembangkandinilaioleh3penilaimenggunakanujikelayakanisidenganduainstrumenyangberbedayaituangketpenilaianbahanajarIPAterpadudaninstrumenpenilaianbukutekspelajaranIPASMP/MTs.Teknikanalisisyangdigunakanmerupakananalisisperhitungannilairata-ratayangdiadaptasidariArikunto.Hasilpenilaiandariujikelayakanadalah313untukrentangan1sampai4menunjukkankriteriabahanajaryangdikembangkanmerupakanbahanajaryanglayak.Kelebihandaribahanajaryangdikembangkanyaitu(1)sesuaidenganKTSP(2)penyusunannyasesuaidenganparadigmapembelajarankontekstual(diawalidengancontoh-contohdalamkehidupansehari-harisiswa)(3)siswadapatmelihathubunganyangbermaknaantaramaterifisikadankimia(4)mengajaksiswauntukbelajarbersosialisasikarenabanyakterdapatpraktikumdankekurangannyayaitu(1)bahanajaryangdikembangkanmenggunakanujikelayakanisibelumvalidasiempiriksehinggabelumdiketahuitingkatefisiensiwaktusetelahdigunakannyabahanajarIPATerpaduhasilpengembangandan(2)sedikitmembahasmateribiologi.