Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema air limbah rumah tangga untuk siswa SMP kelas VII / Nuril Munfaridah
Main Author: | Munfaridah, Nuril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18129/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMunfaridahNuril.2010.PengembanganBahanAjarIPATerpaduBerbasisSalingtemasdenganTemaAirLimbahRumahTanggauntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(II)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.EdPh.D.KatakuncipengembanganbahanajarIPATerpaduSalingtemasairlimbahrumahtanggaMenurutKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangdigunakandisekolahsaatinimatapelajaranIPASMPmencakuptigabidangkajianyaitukimiafisikadanbiologi.PembelajarantigabidangkajiantersebutdilakukansecaraterpadunamunbahanajarIPATerpadubelumbanyaktersediadimasyarakat.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarIPATerpaduberbasisSalingtemasyangdapatdigunakanolehsiswaSMPkelasVIIsertamengukurkelayakanbahanajartersebut.TemayangdigunakandalambahanajariniadalahAirLimbahRumahTangga.Dalamtemainiterdapat3StandarKompetensi(SK)dan3KompetensiDasar(KD).Penelitianinimenggunakandesainpenelitianpengembangan(ResearchandDevelopment)yangdikemukakanolehBorgdanGalltahun1983.Langkah-langkahyangdilakukanmeliputistudipendahuluanpengembangandrafprodukpenilaiandrafprodukdanrevisidrafproduk.PenilaiandrafprodukdilakukanolehduadosendaribidangfisikadankimiasertaguruIPASMP.Penilaianuntukmengukurkelayakanbahanajarmenggunkanangketterbuka.Kriteriakelayakanbahanajarmenggunakanrentanganskala.HasilpenelitianiniberupabahanajarIPATerpaduberbasisSalingtemasdengantemaairlimbahrumahtanggayangdapatdigunakanolehsiswaSMPkelasVII.Bahanajarhasilpengembanganberupabukuajardalambentukteks58halamanyangterdiridaribagianpendahuluanisidanakhir.Bagianpendahuluanterdiridaricoverdaftarisi/gambarindikatorhasilbelajardanpetakonsep.Bagianisiterdiridarimateribahanajardanlembarkegiatansiswasertabagianakhirterdiridarirangkumansoalevaluasikuncijawabanglosariumdandaftarpustaka.Secaraumumbahanajaryangdikembangkantelahmemenuhikriteriasangatlayakdengannilai326dariskala1-4.Nilaiinidiperolehdarirata-ratanilaikelayakanisikelayakanpenyajiandankomponen-komponenyangterdapatdalambahanajar.Keunggulanbahanajaryangdikembangkanmeliputi(1)sesuaidengantuntutankurikulumyangdiinginkandiSMPsaatiniyaituKTSP(2)mengajaksiswamengkonstrukpengetahuannyasendirikarenadidalambahanajarinibanyakterdapatkegiatanpraktikum(3)penjelasanmengenaikonseptertentudiawalidengancontoh-contohyangadadalamkehidupansehari-haripesertadidikdan(4)pembahasantemadilakukansecaraterpadu.Kekuranganbahanajaryangdikembangkanadalah(1)temakurangluasdan(2)padabagianakhirmaterimasihnampakkarakterdarimasing-masingbidangkajian.