Perbedaan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 7 Malang yang menggunakan modul IPA terpadu dengan model pembelajaran integrasi tema pemuaian pada berbagai wujud zat / Kartika Wulandari
Main Author: | Wulandari, Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18121/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariKartika.2010.PerbedaanPrestasiBelajarSiswaKelasVIISMPN7MalangyangMenggunakanModulIPATerpadudenganModelPembelajaranIntegrasiTemaPemuaianPadaBerbagaiWujudZat.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(2)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KataKunciModulIPATerpaduModelPembelajaranIntegrasiPrestasibelajar.UntukmenunjangpembelajaranIPATerpadudiperlukansuatusumberbelajaryangterpadupulasehinggaterciptakeselarasanantaramodelpembelajarandengansumberbelajaryangdigunakanyaitumodulIPATerpadu.Pembelajarandenganmoduladalahprogrampembelajaranmengenaisuatusatuanbahasantertentuyangdisusunataudirakitsecarasistematisoperasionalterarahdandigunakanolehsiswayangdisertaipetunjukataupedomanpenggunaannyabaikbagisiswamaupunbagiguruatauinstruktur.BerdasarkanhaltersebutmakadicobauntukmenerapkanmodulpadapembelajaranIPATerpadudenganhipotesisbahwaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmodulIPATerpadudenganmodelpembelajaranintegrasidengankemampuanawaltinggilebihbaikdaripadaprestasibelajarsiswayangdiajartanpamodulIPATerpadudengankemampuanawaltinggidanjugasebaliknya.Tujuandaripenerapanmoduliniadalahuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswa.Metodepenelitianyangdigunakanyaitupendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemudenganperlakuanberbedapadakeduasampel.Kelasyangdigunakanyaitu7Asebagaieksperimendan7Bsebagaikelaskontrol.Untukkelaseksperimenkegiatanpembelajarandisertaidenganmoduldenganmodelpembelajaranintegrasisedangkankelaskontroltanpamodulatausepertikegiatanpembelajaranyangtelahditerapkansehari-hari.ModulyangdigunakanyaitumodulyangdisusunolehKhoirunnisadenganalokasiwaktu10jampelajaran.KemudianuntukmengujihipotesisdigunakanUjiStatistikAnavaABdilanjutkandenganScheffeTest.Kemampuansiswadibedakandarirata-ratakelasjikadiatasrata-ratakelasdisebutkemampuantinggidansebaliknya.Darihasilposttestkeduakelasdiperolehrata-ratakelaseksperimen65115144(kelaskontrol).SedangkanhasilStatistikAnavaABdiperolehhasilthitung5002201575(t45.05)yangberartibahwaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmodulIPATerpadudenganmodelpembelajaranintegrasidengankemampuanawaltinggilebihbaikdaripadaprestasibelajarsiswayangdiajartanpamodulIPATerpadudengankemampuanawaltinggidenganrata-ratakelaseksperimen66385429(kelaskontrol).Sedangkanuntuksiswadengankemampuanawalrendahdiperolehhasilthitung63420231(t39.05)berartibahwaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmodulIPATerpadudenganmodelpembelajaranintegrasidengankemampuanawalrendahlebihbaikdaripadaprestasibelajarsiswayangdiajartanpamodulIPATerpadudengankemampuanawalrendahdenganrata-ratakelaseksperimen6394754(kelaskontrol).Dapatdikatakanbahwamodulcocokdigunakanuntuksiswadengankemampuanawaltinggimaupunsiswadengankemampuanawalrendah.