Perbedaan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 7 Malang yang menggunakan modul IPA terpadu dengan model pembelajaran integrasi tema pemuaian pada berbagai wujud zat / Kartika Wulandari

Main Author: Wulandari, Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18121/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandariKartika.2010.PerbedaanPrestasiBelajarSiswaKelasVIISMPN7MalangyangMenggunakanModulIPATerpadudenganModelPembelajaranIntegrasiTemaPemuaianPadaBerbagaiWujudZat.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(2)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KataKunciModulIPATerpaduModelPembelajaranIntegrasiPrestasibelajar.UntukmenunjangpembelajaranIPATerpadudiperlukansuatusumberbelajaryangterpadupulasehinggaterciptakeselarasanantaramodelpembelajarandengansumberbelajaryangdigunakanyaitumodulIPATerpadu.Pembelajarandenganmoduladalahprogrampembelajaranmengenaisuatusatuanbahasantertentuyangdisusunataudirakitsecarasistematisoperasionalterarahdandigunakanolehsiswayangdisertaipetunjukataupedomanpenggunaannyabaikbagisiswamaupunbagiguruatauinstruktur.BerdasarkanhaltersebutmakadicobauntukmenerapkanmodulpadapembelajaranIPATerpadudenganhipotesisbahwaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmodulIPATerpadudenganmodelpembelajaranintegrasidengankemampuanawaltinggilebihbaikdaripadaprestasibelajarsiswayangdiajartanpamodulIPATerpadudengankemampuanawaltinggidanjugasebaliknya.Tujuandaripenerapanmoduliniadalahuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswa.Metodepenelitianyangdigunakanyaitupendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemudenganperlakuanberbedapadakeduasampel.Kelasyangdigunakanyaitu7Asebagaieksperimendan7Bsebagaikelaskontrol.Untukkelaseksperimenkegiatanpembelajarandisertaidenganmoduldenganmodelpembelajaranintegrasisedangkankelaskontroltanpamodulatausepertikegiatanpembelajaranyangtelahditerapkansehari-hari.ModulyangdigunakanyaitumodulyangdisusunolehKhoirunnisadenganalokasiwaktu10jampelajaran.KemudianuntukmengujihipotesisdigunakanUjiStatistikAnavaABdilanjutkandenganScheffeTest.Kemampuansiswadibedakandarirata-ratakelasjikadiatasrata-ratakelasdisebutkemampuantinggidansebaliknya.Darihasilposttestkeduakelasdiperolehrata-ratakelaseksperimen65115144(kelaskontrol).SedangkanhasilStatistikAnavaABdiperolehhasilthitung5002201575(t45.05)yangberartibahwaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmodulIPATerpadudenganmodelpembelajaranintegrasidengankemampuanawaltinggilebihbaikdaripadaprestasibelajarsiswayangdiajartanpamodulIPATerpadudengankemampuanawaltinggidenganrata-ratakelaseksperimen66385429(kelaskontrol).Sedangkanuntuksiswadengankemampuanawalrendahdiperolehhasilthitung63420231(t39.05)berartibahwaprestasibelajarsiswayangdiajardenganmodulIPATerpadudenganmodelpembelajaranintegrasidengankemampuanawalrendahlebihbaikdaripadaprestasibelajarsiswayangdiajartanpamodulIPATerpadudengankemampuanawalrendahdenganrata-ratakelaseksperimen6394754(kelaskontrol).Dapatdikatakanbahwamodulcocokdigunakanuntuksiswadengankemampuanawaltinggimaupunsiswadengankemampuanawalrendah.