Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Mohammad Arif Fauzi

Main Author: Fauzi, Mohammad Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18119/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFauziMohammadArif.PenerapanPembelajranKooperatifModelGroupInvestigation(GI)UntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarFisikaSiswaKelasVIISMPNegeri2Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Sirwadji(II)Drs.YudyantoM.Si.KatakunciGroupInvestigation(GI)MotivasiHasilBelajar.ObservasiawalyangdilakukanpenelitimenunjukkanbahwapembelajaranFisikadikelasVII-GSMPNegeri2Malangterdapatbeberapamasalahantaralain(1)prosespembelajaranyangselamainidilakukanmasihberkutatpadapembelajarankonvensionalyaituceramah(2)motivasibelajarsiswaterhadappelajaranfisikarendahhalinidapatdiketahuiketikagurumenjelaskanmateriadakuranglebih70%siswayangkurangmemperhatikanpenjelasandariguruadabeberapasiswayangmelamundanadabeberapasiswayangmelakukanaktifitassendiriyangtidakadakaitannyadenganpelajaran(3)hasilbelajarfisikasiswakelasVII-Gbelumbisamemenuhistandarketuntasanminimal(SKM)yangditetapkanolehsekolahyaitu65nilairata-rataulanganhariansiswakelasVII-Gtergolongrendahyaitu5614.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaditerapkanmodelpembelajaranyangmampumembuatsiswaaktifselamaprosespembelajarandansalingmembantuuntukmemperolehpemahaman.ModelpembelajarantersebutadalahGroupInvestigation(GI)yangdiindikasikanmampumeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Berdasarkankondisitersebutmakadilakukanpenelitiantindakankelasyangbertujuanuntuk(1)mengetahuisejauhmanaketerlaksanaanpenerapanpembelajarankooperatifmodelGI(GroupInvestigation)(2)mengetahuiberapapeningkatanmotivasibelajarsiswakelasVII-GmatapelajaranFisikamenggunakanpembelajarankooperatifmodelGI(GroupInvestigation)(3)mengetahuiberapapeningkatanprestasibelajarsiswakelasVII-GmatapelajaranFisikasetelahmenggunakanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI).JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Penelitisebagaipengelolainstrumenperancangtindakandanguru.DalampenelitianiniprosedurpengumpulandatadiperolehmelaluiobservasimotivasisiswadalammodelpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)danpemberiantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklus.Tahap-tahappenelitiannyameliputiperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksiyangpelaksanaannyadisesuaikandenganGroupInvestigation(GI).Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)keterlaksanaanpenerapanpembelajaranFisikaModelGroupInvestigation(GI)Fisikamengalamipeningkatandari7647%padasiklusIke9019%padasiklusIIdenganpeningkatansebesar1372%peningkatanketerlaksanaaninimembuktikanpelaksanaanpembelajaranmodelGIperlulatihandanpembiasaandiribaikdarigurumaupunsiswa(2)motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIdenganrerata7692%menjadi9174%padasiklusIIterdapatpeningkatansebesar1482%(3)hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar2704%yangditunjukkandenganpeningkatanketuntasanbelajarsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankan(1)sebaiknyaketikamenerapkanmodelpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)gurulebihintensifdalammemberibimbingan(2)berdasarkanhasilpenelitianinisebaiknyadigunakanmodelpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)untukmengatasimasalahrendahnyamotivasidanhasilbelajar(3)modelpembelajarankooperatifModelGroupInvestigation(GI)hendaknyadicobakanolehpenelitilainpadamateridansekolahyangberbeda.