Efektivitas implementasi modul IPA terpadu melalui pembelajaran model integrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Tugu-Trenggalek / Rodiah

Main Author: Rodiah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18118/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRodiah.2010.EfektivitasImplementasiModulIPATerpaduMelaluiPembelajaranModelIntegrasiTerhadapPrestasiBelajarSiswaKelasVII-CSMPNegeri2Tugu-Trenggalek.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusSujudiM.Pd(2)Dra.EndangPurwaningsihM.SiKataKunciefektivitasmodulIPAterpadumodelintegrasiprestasibelajarIPAmerupakanmatapelajaranwajibbagijenjangpendidikanSMP.SebagianbesarsiswapadajenjangSMPberadapadatahaptransisidarifaseoperasionalkongkritkefaseoperasionalformalmakadiharapkansudahmulaidilatihuntukmampuberpikirabstrak.ArtinyapembelajaranIPAdiSMPsecarautuhmengajakpesertadidikuntukmulaikearahberpikirabstrakdenganmengenalkanIPAsecarautuhdenganharapanmunculupayapenyelidikan-penyelidikanilmiah.PenelitianinibertujuanmengukurperbedaanprestasibelajarsiswadenganmenerapkanpembelajaranmenggunakanmodulIPAterpadumelaluimodelintegrasidanmengukurefektivitasimplementasimodulIPAterpadutemaPengukurankadarzat.ModelpembelajaranmengintegrasikanmateripelajaranfisikadankimiadalamsatutemayaituPengukuranKadarZatdiharapkansiswadapatmempelajaraifenomenadarisisikimiadanfisikasecarabersamaan.Penelitiandilaksanakandenganpendekatankuantitatif.Jenispenelitiandipilihquasieksperimentaldenganrancanganpenelitiancontrolgrouppre-test-post-testdesign.ImplementasipembelajaranmenggunakanmodulIPAterpadusebagaiperlakuandanprestasibelajarsebagaivariabelterikat.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVIISMPNegeri2Tugu-TrenggaleksemesterIItahunajaran2009/2010.SampelpenelitianditentukanberdasarkanpurposiveclustersamplingyaitukelasVII-BsebagaikelaskontroldankelasVII-Csebagaikelaseksperimen.InstrumenpenelitianberupatespilihangandadenganempatalternatifpilihansebelumdigunakaninstrumendiujicobakanpadasiswakelasVII-DSMPLaboratriumUM.Hasilujicobasoaldianalisisvaliditasreliabilitasdayabedadanderajatkesukaran.Nilaihasilpretesdiujiprasyaratyaituhomogenitasdanreliabilitas.UjihipotesismenggunakanAnalisisVariansiduajalur(ANAVAAB)yangkemudiandilanjutkandenganscheefe-test.BerdasarkananalisisdatadiperolehFhitung51703986F(1.05)nilairerataposteskelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrolditunjukkandengannilaithitung112051976t(76.05).HasilanalisismenunjukkanbahwaTerdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangmenggunakanmodulIPAterpadudansiswayangmenggunakanbukuteksIPA.Berdasarkanscheffe-testthitunguntukkelompoktinggi35602039t(31.05)danthitunguntukkelompokrendah26402108t(43.05).JadimodulIPAterpaduefektifuntukditerapkanpadasiswakelompoktinggimaupunrendah.