Penerapan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Malang / Tinta Khasanah
Main Author: | Khasanah, Tinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18115/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhasanahTinta.2010.PenerapanPenilaianBerbasisKelasdalamPembelajaranBerbasisMasalahuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarFisikaSiswakelasVIIDSMPNegeri8Malang.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuhardjitoM.S(II)SugiyantoS.PdM.SiKatakunciPenilaianberbasiskelaspembelajaranberbasismasalahkemampuanberpikirkritishasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri8Malangdiketahuibahwakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswamasihrendah.Halinididugadisebabkanolehkecenderunganguruhanyamenggunakanmetodeceramahdandiskusi.Gurujarangmenggunakanmetodeeksperimen.Selainitugurumasihmenggunakanmodelpenilaiantime-restichedmodelyanghanyadilakukansetelahprosespembelajaranselesai.Aspekyangdinilaihanyaaspekkognitifsajatidakmenyentuhaspekafektifdanpsikomotoriksertakemampuanberpikirkritis.Sangatpentinguntukdiajukansuatualternatifmodelpembelajarandanpenilaianyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketerlaksanaanpenilaianberbasiskelaspadapembelajaranberbasismasalahdanmendeskripsikanpeningkatankemampuanberpikirkritissertahasilbelajarfisikasiswakelasVIIDSMPNegeri8Malang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Tindakanyangdiberikanpadapenelitianiniberupapenerapanpenilaianberbasiskelaspadapembelajaranberbasismasalah.Pelaksanaanpenilaianberbasiskelasterintegrasidenganpelaksanaanpembelajaranmasalahyangmeliputi5tahapyaitu(1)mengorientasikansiswapadamasalah(2)mengorganisasikansiswauntukbelajar(3)membimbingpenyelidikanindividudankelompok(4)mengembangkandanmenyajikanhasilkaryadan(5)menganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalah.Penilaiandilaksanakanpadasemuaprosespembelajaran.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIDSMPNegeri8Malangdenganjumlah42siswayangterdiridari25siswaputridan17siswaputra.Pokokbahasanyangdibelajarkanadalahkalordenganrincianmaterikalordanperubahansuhuhubungankalordenganjeniszatperubahanwujudzatdanperpindahankalor.Instrumenpenelitianyangdigunakanberuparubrikpenilaianyangmeliputipenilaiankemampuanberpikirkritishasilbelajaryangmeliputiaspekafektifkognitifdanpsikomotoriklembarobservasiketerlaksanaanpenilaianberbasiskelasdanpembelajaranberbasismasalah.InstrumentindakanyangdigunakanmeliputiLKSdanRPP.PenerapanpenilainberbasiskelasdalampembelajaranberbasismasalahdapatterlaksanadenganbaikdenganpersentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIIIdanIII.KemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarmengalamipeningkatanselamasiklusIIIdanIII.