Penerapan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Malang / Tinta Khasanah

Main Author: Khasanah, Tinta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18115/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhasanahTinta.2010.PenerapanPenilaianBerbasisKelasdalamPembelajaranBerbasisMasalahuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarFisikaSiswakelasVIIDSMPNegeri8Malang.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuhardjitoM.S(II)SugiyantoS.PdM.SiKatakunciPenilaianberbasiskelaspembelajaranberbasismasalahkemampuanberpikirkritishasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri8Malangdiketahuibahwakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswamasihrendah.Halinididugadisebabkanolehkecenderunganguruhanyamenggunakanmetodeceramahdandiskusi.Gurujarangmenggunakanmetodeeksperimen.Selainitugurumasihmenggunakanmodelpenilaiantime-restichedmodelyanghanyadilakukansetelahprosespembelajaranselesai.Aspekyangdinilaihanyaaspekkognitifsajatidakmenyentuhaspekafektifdanpsikomotoriksertakemampuanberpikirkritis.Sangatpentinguntukdiajukansuatualternatifmodelpembelajarandanpenilaianyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketerlaksanaanpenilaianberbasiskelaspadapembelajaranberbasismasalahdanmendeskripsikanpeningkatankemampuanberpikirkritissertahasilbelajarfisikasiswakelasVIIDSMPNegeri8Malang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Tindakanyangdiberikanpadapenelitianiniberupapenerapanpenilaianberbasiskelaspadapembelajaranberbasismasalah.Pelaksanaanpenilaianberbasiskelasterintegrasidenganpelaksanaanpembelajaranmasalahyangmeliputi5tahapyaitu(1)mengorientasikansiswapadamasalah(2)mengorganisasikansiswauntukbelajar(3)membimbingpenyelidikanindividudankelompok(4)mengembangkandanmenyajikanhasilkaryadan(5)menganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalah.Penilaiandilaksanakanpadasemuaprosespembelajaran.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIDSMPNegeri8Malangdenganjumlah42siswayangterdiridari25siswaputridan17siswaputra.Pokokbahasanyangdibelajarkanadalahkalordenganrincianmaterikalordanperubahansuhuhubungankalordenganjeniszatperubahanwujudzatdanperpindahankalor.Instrumenpenelitianyangdigunakanberuparubrikpenilaianyangmeliputipenilaiankemampuanberpikirkritishasilbelajaryangmeliputiaspekafektifkognitifdanpsikomotoriklembarobservasiketerlaksanaanpenilaianberbasiskelasdanpembelajaranberbasismasalah.InstrumentindakanyangdigunakanmeliputiLKSdanRPP.PenerapanpenilainberbasiskelasdalampembelajaranberbasismasalahdapatterlaksanadenganbaikdenganpersentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIIIdanIII.KemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarmengalamipeningkatanselamasiklusIIIdanIII.