Penerapan pembelajaran inquiry training model (model latihan inkuiri) untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan / Tria Pravitasari
Main Author: | Pravitasari, Tria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18106/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPravitasariTria.2009.PenerapanPembelajaranInquiryTrainingModel(ModelLatihanInkuiri)untukMeningkatkanKeterampilanProsesdanPemahamanKonsepFisikaSiswaKelasVIICSMPNegeri2Pamekasan.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BambangTahanSungkowoM.Pd(II)SulurS.Pd.M.Si.KatakunciModellatihaninkuiriketerampilanprosespemahamankonsepfisikaBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri2Pamekasanditemukanbahwaketerampilanprosespadasiswabelumtampakdannilairata-ratapemahamankonsepditinjaudarinilaitessiswaadalah5869.DarihasilnilaitessiswadiperolehdatasiswayangsudahmencapaiKKMyangtelahditetapkansekolahyaitu70sebanyak275%darijumlahseluruhsiswakelasVIICdan725%lainnyabelummencapaiKKM.Nilaitersebutdiperolehdarihasiltespadamateribesarandansatuan.Halinidisebabkangurumasihmenggunakanmetodeceramah.Olehkarenaitudalampenelitianinipenelitiberupayauntukmenerapkansuatumodelpembelajaranbarudenganharapandapatmeningkatkanketerampilanprosesdanpemahamankonsepfisikasiswa.Salahsatumodeltersebutadalahinquirytrainingmodel(modellatihaninkuiri).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklus.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIICSMPNegeri2Pamekasandenganjumlah40siswayangterdiridari22orangputridan18orangputra.InstrumenpenelitianyangdigunakanberupaRPPlembarobservasipembelajaranrubrikpenilaianketerampilanprosessiswaperangkattesLKSdancatatanlapangan.Hasilpenelitianmenunjukkanketerampilanprosessiswameningkat.PeningkatanketerampilanprosestersebutdarisiklusIkesiklusIIadalah75%untukketerampilanmelakukanpengamatan10%untukketerampilanmenjelaskanhasilpraktikum20%untukketerampilanbertanya15%untukketerampilanmenggunakanalatpraktikum20%untukketerampilanmelakukanpraktikum1417%untukketerampilanmengumpulkanhasilpraktikum3667%untukketerampilanmenyusunhipotesisdanuntukketerampilanmenarikkesimpulan225%.Pemahamankonsepfisikasiswajugamenunjukkanpeningkatannilairata-ratapadasiklusI6022menjadi7275.Peningkatannilairata-ratapadasetiapsiklusnyayangberdampakpositifterhadapketuntasanbelajar.