Penerapan pembelajaran inquiry training model (model latihan inkuiri) untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan / Tria Pravitasari

Main Author: Pravitasari, Tria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18106/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPravitasariTria.2009.PenerapanPembelajaranInquiryTrainingModel(ModelLatihanInkuiri)untukMeningkatkanKeterampilanProsesdanPemahamanKonsepFisikaSiswaKelasVIICSMPNegeri2Pamekasan.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BambangTahanSungkowoM.Pd(II)SulurS.Pd.M.Si.KatakunciModellatihaninkuiriketerampilanprosespemahamankonsepfisikaBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri2Pamekasanditemukanbahwaketerampilanprosespadasiswabelumtampakdannilairata-ratapemahamankonsepditinjaudarinilaitessiswaadalah5869.DarihasilnilaitessiswadiperolehdatasiswayangsudahmencapaiKKMyangtelahditetapkansekolahyaitu70sebanyak275%darijumlahseluruhsiswakelasVIICdan725%lainnyabelummencapaiKKM.Nilaitersebutdiperolehdarihasiltespadamateribesarandansatuan.Halinidisebabkangurumasihmenggunakanmetodeceramah.Olehkarenaitudalampenelitianinipenelitiberupayauntukmenerapkansuatumodelpembelajaranbarudenganharapandapatmeningkatkanketerampilanprosesdanpemahamankonsepfisikasiswa.Salahsatumodeltersebutadalahinquirytrainingmodel(modellatihaninkuiri).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklus.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIICSMPNegeri2Pamekasandenganjumlah40siswayangterdiridari22orangputridan18orangputra.InstrumenpenelitianyangdigunakanberupaRPPlembarobservasipembelajaranrubrikpenilaianketerampilanprosessiswaperangkattesLKSdancatatanlapangan.Hasilpenelitianmenunjukkanketerampilanprosessiswameningkat.PeningkatanketerampilanprosestersebutdarisiklusIkesiklusIIadalah75%untukketerampilanmelakukanpengamatan10%untukketerampilanmenjelaskanhasilpraktikum20%untukketerampilanbertanya15%untukketerampilanmenggunakanalatpraktikum20%untukketerampilanmelakukanpraktikum1417%untukketerampilanmengumpulkanhasilpraktikum3667%untukketerampilanmenyusunhipotesisdanuntukketerampilanmenarikkesimpulan225%.Pemahamankonsepfisikasiswajugamenunjukkanpeningkatannilairata-ratapadasiklusI6022menjadi7275.Peningkatannilairata-ratapadasetiapsiklusnyayangberdampakpositifterhadapketuntasanbelajar.