Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII SMP Ardjuna Malang / Lismi Rodiya

Main Author: Rodiya, Lismi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18098/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLismiRodiya.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTeamAsisstedIndividualization(TAI)untukMeningkatkanHasilBelajardanMotivasiSiswaKelasVIISMPArdjunaMalang.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MuharjitoM.S(2)Drs.Sirwadji.KataKunciPembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAsisstedIndividualization)hasilbelajarmotivasibelajar.PermasalahanyangadadikelasVIISMPArdjunaMalangkhususnyadikelasVIIBadalahkurangaktifnyasiswadalampembelajaranfisika.UntukmengatasipermasalahantersebutdilaksanakanpembelajarankooperatiftipeTAI.dalampembelajarankooperatiftipeTAIada7tahapyaitu(1)teams(2)placementtest(3)teamstudy(4)teachinggroup(5)whole-classunits(6)facttest(7)teamscorerandteamrecognition.PenelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasyangbertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajardanmotivasibelajarsiswakelasVIIdiSMPArdjunaMalangdenganpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAI.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.Hasilbelajarsiswadiukurdenganmenggunakantesyangberbentukpilihanganda.TesdilakukansebanyakduakaliyaitutesakhirsiklusIdantesakhirsiklusII.Motivasisiswadiukurdenganmenggunakanangket.AngketdiberikankepadasiswasebelumpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIdansetelahpenerapanpembelajaranKooperatiftipeTAIselesaidilaksanakandiakhirsiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIpadamaterigerakdankalordapatmeningkatkanhasilbelajardanmotivasisiswa.HaliniditunjukkandenganpeningkatanhasilbelajarsiswapadatesawaldengantesakhirsiklusIsebesar42tesakhirsiklusIdengantesakhirsiklusIIsebesar92.DenganpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIketuntasanbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.PadasiklusIketuntasansiswamencapai80%berartisiswatelahtuntasbelajar.PadasiklusIIketuntasanbelajarsiswameningkatmenjadi94.29%.Peningkatanmotivasisiswaterlihatdarihasilangketpadaobservasiawal3siswamasukdalamkategorikurang9siswadalamkategoricukup21siswadalamkategoribaikdan2siswamasukdalamkategorisangatbaik.PadaakhirpembelajaransiklusIImenunjukkanhasil1siswadalamkategorikurang4siswadalamkategoricukup15siswadalamkategoribaikdan15siswadalamkategorisangatbaik.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIdapatmeningkatkanhasilbelajardanmotivasisiswasehinggamodelpembelajarankooperatifinidapatdipertimbangkansebagaialternatifuntukditerapkanpadapembelajaranFisika.