Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII SMP Ardjuna Malang / Lismi Rodiya
Main Author: | Rodiya, Lismi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18098/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLismiRodiya.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTeamAsisstedIndividualization(TAI)untukMeningkatkanHasilBelajardanMotivasiSiswaKelasVIISMPArdjunaMalang.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MuharjitoM.S(2)Drs.Sirwadji.KataKunciPembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAsisstedIndividualization)hasilbelajarmotivasibelajar.PermasalahanyangadadikelasVIISMPArdjunaMalangkhususnyadikelasVIIBadalahkurangaktifnyasiswadalampembelajaranfisika.UntukmengatasipermasalahantersebutdilaksanakanpembelajarankooperatiftipeTAI.dalampembelajarankooperatiftipeTAIada7tahapyaitu(1)teams(2)placementtest(3)teamstudy(4)teachinggroup(5)whole-classunits(6)facttest(7)teamscorerandteamrecognition.PenelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasyangbertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajardanmotivasibelajarsiswakelasVIIdiSMPArdjunaMalangdenganpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAI.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.Hasilbelajarsiswadiukurdenganmenggunakantesyangberbentukpilihanganda.TesdilakukansebanyakduakaliyaitutesakhirsiklusIdantesakhirsiklusII.Motivasisiswadiukurdenganmenggunakanangket.AngketdiberikankepadasiswasebelumpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIdansetelahpenerapanpembelajaranKooperatiftipeTAIselesaidilaksanakandiakhirsiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIpadamaterigerakdankalordapatmeningkatkanhasilbelajardanmotivasisiswa.HaliniditunjukkandenganpeningkatanhasilbelajarsiswapadatesawaldengantesakhirsiklusIsebesar42tesakhirsiklusIdengantesakhirsiklusIIsebesar92.DenganpenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIketuntasanbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.PadasiklusIketuntasansiswamencapai80%berartisiswatelahtuntasbelajar.PadasiklusIIketuntasanbelajarsiswameningkatmenjadi94.29%.Peningkatanmotivasisiswaterlihatdarihasilangketpadaobservasiawal3siswamasukdalamkategorikurang9siswadalamkategoricukup21siswadalamkategoribaikdan2siswamasukdalamkategorisangatbaik.PadaakhirpembelajaransiklusIImenunjukkanhasil1siswadalamkategorikurang4siswadalamkategoricukup15siswadalamkategoribaikdan15siswadalamkategorisangatbaik.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIdapatmeningkatkanhasilbelajardanmotivasisiswasehinggamodelpembelajarankooperatifinidapatdipertimbangkansebagaialternatifuntukditerapkanpadapembelajaranFisika.