Penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa kelas VII F SMPN 3 Singosari tahun ajaran 2008/2009 / Reni Rohmawati
Main Author: | Rohmawati, Reni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18093/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRohmawatiReni.2009.PenerapanPembelajaranModelInkuiriTerbimbingdenganPendekatanCTLuntukMeningkatkanAspekKognitifdanPsikomotorikSiswakelasVIIFSMPN3Singosari.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisikaFMIPAUM.Pembimbing(1)Drs.AsimM.Pd(2)Drs.SirwadjiKataKunciaspekkognitifaspekpsikomotorikmodelinkuiriBerdasarkanhasilobservasidikelasVIIFSMPNegeri03Singosariditemukanbahwapadasaatpembelajarangurumenjelaskanmateridansiswamencatatketeranganyangditulisgurudipapantuliskemudiandilanjutkandenganpemberianlatihansoaltugasdanpekerjaanrumah.BerdasarkanhasilwawancaragurubidangstudifisikadiperolehinformasibahwaaspekkognitifdanaspekpsikomotoriksiswaterhadappelajaranfisikamasihrendahkarenanilaimerekabelummencapaiSKM.DariuraiantersebutmakaperludiadakanperbaikancarabelajarsiswadenganmenerapkanpembelajaranmodelinkuiridenganpendekatanContextualTeachingandLearning(CTL).MelaluipenerapanpembelajarantersebutdiharapkandapatmeningkatkanAspekkognitifdanAspekpsikomotoriksiswakelasVIIFSMPNegeri03Singosari.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganpembelajaranmodelinkuiriterbimbingpadamaterikaloryangdilaksanakandalam2siklus.Setiapsiklusterdiriatas2pertemuanselama2jampelajaranuntuktiappertemuan.SubyekpenelitianyangdigunakanyaitusiswakelasVIIFSMPNegeri03Singosarisemestergenaptahunpelajaran2008/2009yangberjumlah34siswa.Datayangdiperolehberupahasilbelajarsiswayangmeliputi2aspekyaitukognitifdanpsikomotoriksertadatapendukungberupacatatanlapangan.Aspekkognitifdiukurdaripeningkatanskortessetiapsiklusaspekpsikomotorikdiperolehdaripeningkatanskorhasilobservasidaripertemuan1kepertemuan2.PeningkatanhasilbelajarsiswaditunjukkandenganpeningkatanskorhasilbelajarsiswapadasiklusIkesiklusII.PeningkatanaspekkognitifantarasiklusIdengansiklusIIadalah7328menjadi8529dengankriteriabaikmenjadisangatbaik.PeningkatanaspekpsikomotorikantarapertemuanIdenganpertemuanIIadalah7222%menjadi8398%dengankriteriabaikmenjadisangatbaik.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanpembelajaranmodelinkuiridenganpendekatanContextualTeachingandLearning(CTL)dapatmeningkatkanaspekkognitifdanpsikomotoriksiswakelasVIIFSMPNegeri03Singosari.