Pengembangan paket IPA terpadu dengan tema air untuk siswa SMP kelas VII semester II di SMP Negeri 4 Kepanjen / Dwi Retno Indar Widayanti

Main Author: Widayanti, Dwi Retno Indar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18089/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidayantiDwiR.I.2009.PengembanganPaketIPATerpadudenganTemaAiruntukSiswaSMPKelasVIISemesterIIdiSMPNegeri4Kepanjen.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.EddySupramono(2)Drs.TriastonoImamPM.PdKatakuncipembelajaranIPATerpadutemaairDalamPeraturanMenteriPendidikanNasionalsecarategasdinyatakanbahwasubtansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.Dilainpihakhasilsurveyterbataspadaguru-guruIPASMP/MTsdiJawaTimurdalambeberapapelatihanPAKEM(PembelajaranAktifKretaifEfektifdanMenyenangkan)yangdiselenggarakanolehProyekMBEmenunjukkanbahwasebagianbesarguru(92dari118orangatau70%)mengalamikesulitanuntukmerancangpembelajaranIPATerpaduberdasarkanstandarisiuntukkurikulumIPA.HasilpangamatandibeberapatokobukudikotadanKabupatenMalangmenunjukkanbahwabelumditemukanbukuIPASMPyangdirancangsecaraterpadu.Permasalahanyangditelitidalampenelitianiniyaitu1)BagaimanakahkelayakanpengembanganpaketIPAterpadudengantemaairdiSMPNegeri4Kepanjendan(2)BagaimanakahkelayakanpanduanpelaksanaanpengembanganIPAterpadudengantemaairdiSMPNegeri4Kepanjen.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakanmetodeBorgdanGall.Dengandemikiansasarannyaadalahtersusunnya(1)PaketIPATerpadudengantemaairuntuksiswaSMPkelasVIIsemesterIIdiSMPN4Kepanjenyanglayakdan(2)PanduanpelaksanaanpembelajaranIPATerpadudengantemaairuntuksiswaSMPkelasVIIsemesterIIdiSMPN4Kepanjenyanglayak.langkahpenelitianpengembanganyangditerapkanpadapenelitianiniadalah(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembanganbentukawalproduk(4)ujilapanganawaldan(5)revisiprodukutama.KelayakanPaketIPATerpadudenganTemaAirdanPanduanPelaksanaanPembelajranIPATerpadudengantemaairdiukurdarihasilvalidasiyangdilakukanoleh2dosenIPAdan2guruIPASMP.HasilvalidasimenunjukkanbahwaPaketIPATerpadudenganTemaAirmemperolehnilairata-rata365dengankriterialayak.SedangkanPanduanPelaksanaanPembelajaranIPATerpadumemperolehnilairata-rata360dengankriterialayak.PaketIPATerpadudanPanduanPelaksanaanIPATerpadudenganTemaAirlayakuntukdigunakansebagaipanduandansumberbelajarbagiSiswaSMPKelasVIISemesterIIkhususnyadiSMPNegeri4Kepanjen.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanmelakukanpenelitiandanpengembanganlebihlanjutterhadapPaketIPATerpadudenganTemaAir.Penelitianlebihlanjutadalahdenganmelakukankajianeksperimendanujicobayanglebihluassehinggadiperolehpaketdanpanduanpelaksanaanyangterujivaliditassecaraempiris.SelainitupenelitianlebihlanjutdiharapkandapatmengetahuiapakahpembelajaranmenggunakanPaketIPATerpadudenganTemaAirefisiensiwaktuatautidak.