Implementasi model siklus belajar dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan kinerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Nunik Purwanti
Main Author: | Purwanti, Nunik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18088/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPurwantiNunik.2009.ImplementasiModelSiklusBelajardalamPembelajaranFisikauntukMeningkatkanPrestasiBelajarFisikadanKinerjaIlmiahSiswaKelasVIIISMPNEGERI7MALANGTahunPelajaran2008/2009.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusSuyudiM.Pd(2)Drs.AsimM.Pd.Katakuncimodelsiklusbelajarprestasibelajarfisikakinerjailmiah.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri7Malangdiketahuisiswakurangantusiassaatgurumenjelaskanmateripelajaran.NilaiulanganharianyangdiperolehsiswamasihrendahdibawahSKMyaitu42dansiswakurangaktifbertanyasaatprosespembelajaran.Gurulebihseringmenggunakanpendekatanpembelajarankonvensionalyangmenekankanpenggunaanbukupaket.Sekali-sekaliadaselingankegiatandiskusikelasdantanyajawabkegiatanpraktikumjugajarangdilakukandansiswacenderungpasif.Disepakatiolehgurudanpenelitiuntukmenggunakanpembelajaranmodelsiklusbelajaruntukdapatmeningkatkanprestasidankinerjailmiahsiswa.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanberjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganmemberikantindakanberupamodelsiklusbelajar.Tindakanyangdiberikanpadapenelitianiniberupapenerapanmodelsiklusbelajaryangterdiri4faseyaitueksplorasieksplanasiekspansidanevaluasi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNEGERI7MALANG2008/2009.Jumlahsiswayangterdiridari44siswadengan24siswaputradan21siswaputri.Pokokbahasanyangdibahasadalahcahayadengansubpokokbahasancahayamerambatluruspemantulancahayapembentukanbayangandanjumlahbayangan.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaskenariopembelajaranlembarobservasiwawancarainstrumenprestasibelajarlembarobservasikinerjailmiahlembarketerlaksanaanmodelsiklusbelajardancatatanlapangan.InstrumentindakanyangdigunakanmeliputiLKSRPPdansoalevaluasi.Analisidatapadapenelitianinimenggunakanreduksidatapaparandatapenarikansimpulantriangulasirefleksidandeskripsihasiltemuan.PenerapanmodelsiklusbelajardalampembelajaranfisikadenganpersentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusII.PrestasibelajardankinerjailmiahselamapenerapanmodelsiklusbelajarmeningkatpadasiklusIdansiklusII.i