Implementasi model siklus belajar dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan kinerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Nunik Purwanti

Main Author: Purwanti, Nunik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18088/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurwantiNunik.2009.ImplementasiModelSiklusBelajardalamPembelajaranFisikauntukMeningkatkanPrestasiBelajarFisikadanKinerjaIlmiahSiswaKelasVIIISMPNEGERI7MALANGTahunPelajaran2008/2009.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusSuyudiM.Pd(2)Drs.AsimM.Pd.Katakuncimodelsiklusbelajarprestasibelajarfisikakinerjailmiah.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri7Malangdiketahuisiswakurangantusiassaatgurumenjelaskanmateripelajaran.NilaiulanganharianyangdiperolehsiswamasihrendahdibawahSKMyaitu42dansiswakurangaktifbertanyasaatprosespembelajaran.Gurulebihseringmenggunakanpendekatanpembelajarankonvensionalyangmenekankanpenggunaanbukupaket.Sekali-sekaliadaselingankegiatandiskusikelasdantanyajawabkegiatanpraktikumjugajarangdilakukandansiswacenderungpasif.Disepakatiolehgurudanpenelitiuntukmenggunakanpembelajaranmodelsiklusbelajaruntukdapatmeningkatkanprestasidankinerjailmiahsiswa.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanberjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganmemberikantindakanberupamodelsiklusbelajar.Tindakanyangdiberikanpadapenelitianiniberupapenerapanmodelsiklusbelajaryangterdiri4faseyaitueksplorasieksplanasiekspansidanevaluasi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNEGERI7MALANG2008/2009.Jumlahsiswayangterdiridari44siswadengan24siswaputradan21siswaputri.Pokokbahasanyangdibahasadalahcahayadengansubpokokbahasancahayamerambatluruspemantulancahayapembentukanbayangandanjumlahbayangan.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaskenariopembelajaranlembarobservasiwawancarainstrumenprestasibelajarlembarobservasikinerjailmiahlembarketerlaksanaanmodelsiklusbelajardancatatanlapangan.InstrumentindakanyangdigunakanmeliputiLKSRPPdansoalevaluasi.Analisidatapadapenelitianinimenggunakanreduksidatapaparandatapenarikansimpulantriangulasirefleksidandeskripsihasiltemuan.PenerapanmodelsiklusbelajardalampembelajaranfisikadenganpersentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusII.PrestasibelajardankinerjailmiahselamapenerapanmodelsiklusbelajarmeningkatpadasiklusIdansiklusII.i