Penerapan model pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) berbasis eksperimen utuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI semester II di MAN 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Zustina

Main Author: Zustina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/18085/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZustina.2009.PenerapanModelPembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)BerbasisEksperimenUntukMeningkatkanKemampuanBertanyaDanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasXISemesterIIDiMAN3MalangTahunAjaran2008/2009.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.M.WartonoM.Pd(II)Drs.Sumarjono.KatakunciPBMPkemampuanbertanyaprestasibelajarfisikaBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandikelasXIsemesterIIMAN3Malangdiperolehdatametodeyangdigunakanolehguruadalahmetodeceramah.Gurumenyampaikanmaterisecaralisandanterkadangmemberikancacatansedangkansiswahanyamendengarkansambilmencatat.Metodeceramahyangditerapkanolehgurudapatmenghambatrasakeingintahuansiswatentangmateri-materifisika.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntuklebihdapatmenumbuhkanrasakeingintahuansiswaadalahmodelpembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP).ModelpembelajaranPBMPmemungkinkansiswauntukbersediamengajukanpertanyaandalamprosesbelajarmengajar.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)berbasiseksperimensehinggadapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswakelasXIsemesterIIdiMAN3Malangtahunajaran2008/2009(2)MengetahuiapakahkemampuanbertanyasiswakelasXIsemesterIIdiMAN3Malangtahunajaran2008/2009dapatmeningkathinggamencapaikriteriabaik(60%-79%)setelahditerapankanmodelpembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)berbasiseksperimen(3)MengetahuiApakahprestasibelajarsiswakelasXIsemesterIIdiMAN3Malangtahunajaran2008/2009dapatmeningkatsetelahditerapankanmodelpembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)berbasiseksperimen.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandenganobservasiwawancaradantes.PenelitiandilaksanakandikelasX1IPAIMAN3Malangdenganjumlahsiswa36orang.HasilanalisispadasiklusIdansiklusIImenunjukkankemampuanbertanyadanprestasibelajarfisikasiswakelasXIIPAIsemesterIIMAN3Malangmengalamipeningkatan.Kemampuanbertanyasiswamengalamipeningkatanyaitudari2361477padasiklusImenjadi6261477padasiklusII.Sedangkanpeningkatanprestasibelajarfisikasiswadapatdilihatdarimeningkatnyahasiltessiswayaitudari7397padasiklusImenjadi8309padasiklusII.Peningkatankemampuanbertanyadanprestasibelajarfisikasiswadiatasdipengaruhiolehpeningkatanketerlaksanaanpembelajaranyaitudari7381%padasiklusImenjadi100%padasiklusII.