Penerapan pembelajaran kooperatif model student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Singosari / Yeni Saraswati

Main Author: Saraswati, Yeni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18083/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaraswatiYeni.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)untukMeningkatkanMinatBelajarFisikadanPrestasiBelajarSiswaKelasVIIIBSMPNegeri1Singosari.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.WartonoM.Pd(II)Drs.PurboSuwasonoM.Si.KataKunciPembelajarankooperatifmodelStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)minatbelajarprestasibelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangpenelitilakukanpadagurubidangstudifisikayangmengajardikelasVIIIBSMPNegeri1SingosaripenelitimendapatinformasibahwaprestasibelajarsiswakelasVIIIBmasihrendahhalinididasarkanpadahasilulanganharianpadababbunyipadasemester2nilairata-ratakelasVIIIBmenunjukkannilaiyangmasihrendahyaknisebesar66.Penelitijugamendapatkaninformasibahwaminatbelajarsiswamasihrelatifrendahhalinidisebabkanolehpembelajaranyangdilakukanolehgurubidangstudifisikadalampembelajaranterlihatbahwagurumasihmenggunakanmetodeceramahmetodeinimemebentuksiswamenjadipasif.Padasaatprosesbelajarmengajarsiswatampakbosandanseringtidakmemeperhatikanguru.Upayayangdilakukanuntukmengatasimasalahtesebutyaitudenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelstudentfacilitatorandexplaining.Penelitianinibertujuanuntukmelaksanakanpembelajarankooperatifmodelstudentfacilitatorandexplaining(SFAE)meningkatkanminatbelajarfisikadanmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.Penelitiantindakankelasdalampenelitianiniadalahpenelitianuntukmemecahkanbeberapamasalahyangadadalamkelasyangditelitidenganmemberikantindakanberupamodelstudentfacilitatorandexplainingyangterdiridari2siklus.SubyekdalampenelitianinisiswakelasVIIIByangberjumlah36siswa.Alatpengumpuldatayangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasidantespadaakhirtiapsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaminatbelajarfisikasiswakelasVIIIBmengalamipeningkatannilairata-ratayangcukupbaikyaitupadasiklusIsebesar74padasiklusIImeningkatmenjadi89.Peningkatannilairata-rataprestasibelajarsiswasebelumdiberitindakansebesar66padasiklusImeningkatsebesar76padasiklusIImeningkatsebesar87.Keterlaksanaanpembelajaranmodelstudentfacilitatorandexplaining(SFAE)padasiklusImencapaiprosentasesebesar73%danpadasiklusIImeningkatsebesar91%.