Kecanduan game online siswa sekolah menengah pertama di kota Malang / Muhammad Asrori

Main Author: Asrori, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/1808/
Daftar Isi:
  • KataKunciSekolahMenengahPertamakecanduangameonlineBerdasarkanhasilobservasiawalbanyaksiswaSekolahMenengahPertamayangbermaingameonline.DariketerangansubjekawalyaituAlendiketahuibahwapenggunaangameonlineterbanyakadalahsiswaSekolahMenengahPertama.BerkaitandenganitumakadiperlukanpenelitianmengenaikecanduangameonlinesiswaSekolahMenengahPertamadiKotaMalang.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanjenisgameonlineyangdimainkanfaktor-faktoryangmembuatsiswasulituntukmelepaskanaktifitastersebutciri-cirisiswayangmengalamikecanduangameonlinedanpengaruhgameonlinebagisiswa.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahkualitatifyangbersifatdeskriptif.SubjekpenelitiadalahsiswaSekolahMenengahPertamadiKotaMalangyangkecanduangameonline.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasidanwawancara.Analisisdatamenggunakanreductiondandisplay.HasilpenelitianmenghasilkanbanyaksiswayangmemilihgamejenisFPS(FirstPersonShooter)untukdimainkankarenalebihmenantangdanmemacuadrenalinbermaingameonlinesebagaibentukpelariandarimasalah-masalahyangdihadapibermaingameonlineuntukmencarikepuasanbermaingameonlinemempengaruhitingkahlakupemainnyasepertiagresivitas.Hasiltemuanpenelitiansebagaiberikut(1)jenisgameonlineyangbiasadimainkansiswaadalahjenisFPS(FirstPersonShooter)yangberisipeperangan(2)faktor-faktoryangmembuatsiswasulituntukmelepaskanaktifitasbermaingameonlineadalahsubjekmerasasudahketagihanataukecanduanmemainkangameonline(3)ciri-cirisiswayangmengalamikecanduangameonlineterbagimenjadisaliencetolerancewithdrawalmoodmodificationorescapechasingconflicproblemdanbailout.(4)Bermaingameonlinemempengaruhitingkahlakupemainnyasepertiagresivitasyangsemakintinggikenakalanremajapergaulanyangsemakinmenyempit.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbagisiswauntuktidakberlebihandalambermaingamesiswadiharapkanmenahandiriuntukbermaingameonlinemenghindariajakanbermaingameonlinemengubahperilakubermaingameonlinekehal-halyanglebihpositifmampumemilihalternatifterbaikyangbermanfaatbagidirisendiridanlingkungansekitarnya.Konselorhendaknyamencegahsiswaagartidakkecanduangameonlinedenganmemberikaninformasitentanggameonlinekepadasiswayangbelummengalamikecanduangameonlinekonselorjugamampumemberikanlayananbimbingankepadasiswayangtelahmengalamikecanduangameonlineagarbisamengurangitingkatkecanduanyangdialami.