Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IPA 4 SMA Negeri 1 Malang / Dinna Yuliatinna
Main Author: | Yuliatinna, Dinna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18077/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYuliatinnaDinna.2009.PenggunaanModelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)untukmeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarFisikaSiswaKelasXIIPA4SMANegeri1Malang.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WartonoM.Pd(II)Drs.DwiHaryotoM.PdKataKunciPembelajaranBerbasisMasalahBerpikirKritisHasilBelajar.UntukmeningkatkankualitasSumberDayaManusia(SDM)pemerintahberusahamelakukanperbaikandalamduniapendidikansalahsatunyadenganmengadakanperubahandalambidangkurikulum.Intidariperubahankurikuluminiadalahlebihmenekankanketerlibatansiswasecaraaktifdalampembelajarandangurusebagaifasilitator.Salahsatumodelpembelajaranyangsesuaidengantuntutandalamkurikulumtersebutadalahmodelpembelajaranberbasismasalah.Pembelajaranberbasismasalahadalahsuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdanketerampilanmemecahkanmasalah.Penelitianbertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanaketerlaksanaanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahsiswakelasXIIPA4SMAN1Malang.(2)ApakahpenggunaanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPA4SMAN1Malang.(3)ApakahpenggunaanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIPA4SMAN1Malang.SubyekpenelitianadalahsiswakelasXI-IPA4SMAN1Malangtahunajaran2008/2009denganjumlah36siswa.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdanjenispenelitianadalahpenelitiantindakankelasdenganduasiklus.PenelitiandilakukanpadabulanMaret2009padapokokbahasanfluidastatis.Teknikanalisisdatayangdigunakanuntukhasilbelajaraspekafektifaspekpsikomotorikdankemampuanberpikirkritismenggunakanrentangnilainolsampaiseratusdanketerlaksanaanmodelpembelajaranberbasismasalahmenggunakanpersentase.Untukhasilbelajaraspekkognitifdigunakanrata-ratanilaihasiltes.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswayangditunjukkanolehpeningkatanpresentasedari67.08padasiklusImeningkatmenjadi77.89padasiklusII.Hasilbelajarsiswameningkatyangterdiridarihasilbelajaraspekkognitifdarirata-ratasebesar71.36disiklusImeningkatmenjadi75.72padasiklusII.HasilbelajaraspekafektifmeningkatdarisiklusIsebesar76menjadi85.88padasiklusIIdanuntukhasilbelajaraspekpsikomotorikpadasiklusIdiperoleh82.94meningkatpadasiklusIIsebesar89.99.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwapembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarfisikasiswakelasXI-IPA4SMAN1Malang.Adapunsaranyangdapatdiberikanyaitu(1)Bagigurumatapelajaranfisikadapatmenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarfisikasiswa.(2)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyamelakukantindakanlebihdariduasiklussehinggahasilyangdiperolehdapatmaksimal.