Penerapan activity based assessment pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Retno Dian Fatmawati
Main Author: | Fatmawati, Retno Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18072/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFatmawatiRetnoDian.2009.PenerapanActivitybasedAssessmentpadaPembelajaranFisikadenganMetodeEksperimenuntukMeningkatkanKeterampilanProsesSiswaKelasVIIISMPNegeri7Malang.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SugiyantoS.PdM.Si(II)EnyLatifahM.SiKatakunciActivitybasedAssessmentmetodeeksperimenketerampilanprosesBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri7Malangdiketahuibahwaketerampilanprosessiswayangmeliputiketerampilandalammengamatimenafsirkanmeramalkanmenggunakanalatmenerapkankonsepmerencanakankegiatanberkomunikasidanbertanyamasihrendah.Halinidisebabkanmetodepembelajaranyangseringdigunakanolehguruadalahmetodeceramahdandiskusi.Selainitugurumasihmenggunakantime-restichedmodelsebagaimodelasesmenyangdigunakandalampembelajaranfisika.Guruhanyamelakukanasesmensetelahprosespembelajaranselesaiaspekyangdinilaihanyaaspekkognitifsajadantidakmenyentuhketerampilanprosessiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketerlaksanaanActivitybasedAssessmentdalampembelajaranfisikadenganmetodeeksperimendanmendeskripsikanpeningkatanketerampilanprosessiswakelasVIII-BSMPNegeri7Malang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdankuantitatifdenganjenispenelitianmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).TindakanyangdiberikanpadapenelitianiniberupapenerapanActivitybasedAssessmentpadapembelajaranfisikadenganmetodeeksperimen.ActivitybasedAssessmentterdiridariempattahapyaitupenilaiankegiatanawalsiswa(pretest)penilaiankerjasiswapenilaianlaporanhasileksperimendanpenilaianpresentasisiswa.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri7Malangdenganjumlah39siswayangterdiridari31siswaputridan8siswaputra.Pokokbahasanyangdibelajarkanadalahcahayadenganrincianmateripemantulancahayapembentukanbayanganjumlahbayangandanpemantulanpadacermincekung.InstrumenpenelitianyangdigunakanberuparubrikpenilaianyangmeliputipenilaiankegiatanawallembarobservasiaktivitassiswalaporandanpresentasilembarketerlaksanaanActivitybasedAssessmentdanmetodeeksperimensertacatatanlapangan.InstrumentindakanyangdigunakanmeliputiLKSdanRPP.PenerapanActivitybasedAssessmentdalampembelajaranfisikadenganmetodeeksperimendapatterlaksanadenganbaikdenganpersentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusII.KeterampilanprosessiswabaikpadalevelindividumaupunlevelkelasselamapenerapanActivitybasedAssessmentmeningkatpadasiklusIdansiklusII.