Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar fisika siswa SMP Negeri 3 Ponorogo / Tatas Lukyto
Main Author: | Lukyto, Tatas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18071/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLukytoTatas.2009.HubunganAntaraKemampuanDasarMatematikadanKebiasaanBelajarDenganPrestasiBelajarFisikaSiswaSMPNegeri3Ponorogo.SkripsiJurusanPendidikanFisika.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Subani(II)Drs.ParnoM.SiKataKunciKemampuanDasarMatematikaKebiasaanBelajarPrestasiBelajarFisika.Penelitianinimerupakanpenelitianyangbersifatkorelasional.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuipengaruhvariabelkemampuandasarmatematikakebiasaanbelajardanprestasibelajarfisikaunitcahaya.Penelitianinimenggunakanduavariabelbebassertasebuahvariabelterikat.Pemilihanvariabelbebassepertiyangdisebutkandiatasberdasarkanasumsibahwaprestasibelajarfisikaunitcahayasiswaakanmeningkatapabilamemilikikemampuandasarmatematikadankebiasaanbelajaryangbaik.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIIsebanyak6kelasdenganjumlah240siswa.SampelpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIyangberjumlah80siswa.Analisadatamenggunakananalisadeskriptifyangterdiridarihargarata-ratadansimpanganbakuyangdilanjutkananalisaregresi.Analisaregresiuntukmengetahuikoefisienkorelasivariabelbebasdanterikat.Selainitujugauntukmengetahuisumbanganrelatifdansumbanganefektifvariabelbebasterhadapvariabelterikat.Hasilanalisisregresigandamenunjukkanpengaruhpositifantaravariabelbebasdenganvariabelterikat.Besarnyapengaruhdarimasing-masingvariabelbebasterhadapvariabelpresstasibelajarfisikasiswaditunjukkanolehsumbanganefektif.Besarsumbanganefektiftiapvariabelbebasterhadapkriteriumyaitu6.4774%untukkebiasaanbelajardan9.5448%untukkemampuandasarmatematika.Halinimenunjukkanbahwavariabelbebaskemampuandasarmatematikamemberikankontribusilebihbesarterhadapprestasibelajarfisikadibandingkandengankebiasaanbelajar.Jikadikombinasikanantarakemampuandasarmatematikadankebiasaanbelajarselanjutnyadilakukananalisaregresimakabesarnyapengaruhtotaldarikeduavariabelbebasterhadapprestasibelajarfisikaunitcahayayaitusebesar16%darikeseluruhanfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarfisikaunitcahaya.Untuksisanyayangsebesar84%belumdapatdijelaskankarenaberasaldarifaktorlainyangtidakdibahasdalampenelitianini.