Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar fisika siswa SMP Negeri 3 Ponorogo / Tatas Lukyto

Main Author: Lukyto, Tatas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18071/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLukytoTatas.2009.HubunganAntaraKemampuanDasarMatematikadanKebiasaanBelajarDenganPrestasiBelajarFisikaSiswaSMPNegeri3Ponorogo.SkripsiJurusanPendidikanFisika.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Subani(II)Drs.ParnoM.SiKataKunciKemampuanDasarMatematikaKebiasaanBelajarPrestasiBelajarFisika.Penelitianinimerupakanpenelitianyangbersifatkorelasional.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuipengaruhvariabelkemampuandasarmatematikakebiasaanbelajardanprestasibelajarfisikaunitcahaya.Penelitianinimenggunakanduavariabelbebassertasebuahvariabelterikat.Pemilihanvariabelbebassepertiyangdisebutkandiatasberdasarkanasumsibahwaprestasibelajarfisikaunitcahayasiswaakanmeningkatapabilamemilikikemampuandasarmatematikadankebiasaanbelajaryangbaik.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIIsebanyak6kelasdenganjumlah240siswa.SampelpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIyangberjumlah80siswa.Analisadatamenggunakananalisadeskriptifyangterdiridarihargarata-ratadansimpanganbakuyangdilanjutkananalisaregresi.Analisaregresiuntukmengetahuikoefisienkorelasivariabelbebasdanterikat.Selainitujugauntukmengetahuisumbanganrelatifdansumbanganefektifvariabelbebasterhadapvariabelterikat.Hasilanalisisregresigandamenunjukkanpengaruhpositifantaravariabelbebasdenganvariabelterikat.Besarnyapengaruhdarimasing-masingvariabelbebasterhadapvariabelpresstasibelajarfisikasiswaditunjukkanolehsumbanganefektif.Besarsumbanganefektiftiapvariabelbebasterhadapkriteriumyaitu6.4774%untukkebiasaanbelajardan9.5448%untukkemampuandasarmatematika.Halinimenunjukkanbahwavariabelbebaskemampuandasarmatematikamemberikankontribusilebihbesarterhadapprestasibelajarfisikadibandingkandengankebiasaanbelajar.Jikadikombinasikanantarakemampuandasarmatematikadankebiasaanbelajarselanjutnyadilakukananalisaregresimakabesarnyapengaruhtotaldarikeduavariabelbebasterhadapprestasibelajarfisikaunitcahayayaitusebesar16%darikeseluruhanfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarfisikaunitcahaya.Untuksisanyayangsebesar84%belumdapatdijelaskankarenaberasaldarifaktorlainyangtidakdibahasdalampenelitianini.