Efektivitas pelatihan asertivitas (Assertive Trainning) untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung / Amalia Fitriana

Main Author: Fitriana, Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/1807/
Daftar Isi:
  • KataKuncipelatihanasertivitasperilakuasertifteknikkonselingKeterampilanasertifperludimilikiolehsiswaSMA.Namunkenyataannyabanyakdiantarasiswayangtidakberaniuntukmengambilsikapsecarategasmengungkapkansuatupernyataanpendapatpikirandanperasaannyasecaralugas.Merekaseringbimbangdanragu-ragudalammemilihcaraberperilakusebagaicirikeasertifan.Salahsatupelatihanyangefektifuntukmeningkatkanperilakuasertifadalahmenggunakanpelatihanasertivitas.Sejauhmanakeefektifannyadiperlukanujiempirikmelaluipenelitian.Tujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifanpelatihanasertivitas(assertivetraining)untukmeningkatkanperilakuasertifsiswakelasXSMAN1KarangrejoTulungagung.Sedangkanhipotesisyangdigunakanadalahpelatihanasertivitas(assertivetraining)efektifuntukmeningkatkanperilakuasertifsiswakelasXSMAN1KarangrejoTulungagung.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahkuasieksperimen.PopulasisiswakelasXSMAN1KarangrejoTulungagungtahunajaran2010/2011.Sampeldiambildenganteknikpurposivesampling.Jumlahsubjekyangdiambilsebanyak60siswayangdibagidalam2kelompokkelaseksperimendankelaskontrol.Datadiperolehmelaluisubjekmenggunakaninventoriperilakuasertifyangtelahdiujivaliditasnyadenganmenggunakananalisisbutirdanujireliabilitasdengandidapatkanralphasebesar0.911rtabel0.04dengantingkatkepercayaan95%.Analisishasilpenelitianadalahdenganmenggunakansignifikansistatistik.Signifikansistatistikmenggunakanujit.Darihasilpenghitungandidapatkannilaimeanskorpeningkatanperilakuasertifkelompokeksperimensebesar493lebihtinggidaripadakelompokkontrolsedangkanberdasarkanhasilujibeda(t-test)antarkelompokdidapatkannilaithitungsebesar4356dengansignifikansi0000.Darihasilanalisistersebutnilaithitungmempunyaisignifikansithitungkurangdari005makadapatdikatakanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanpeningkatanperilakuasertifantarakelompokkontroldengankelompokeksperimensehinggadapatdisimpulkanbahwapelatihanasertivitasefektifuntukmeningkatkanperilakuasertifsiswakelasXSMAN1KarangrejoTulungagung.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdikemukakansaran-saransebagaiberikut(1)Bagikonselordiharapkandapatmenggunakanpelatihanasertivitassebagaisalahsatuteknikuntukmemberikanlayananbimbingankepadasiswa.(2)Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitianlanjutanserupadenganmenggunakandesaineksperimenyangberbedasehinggahasilpenelitiandapatdibandingkan.Dalampenelitianinijugahanyamelakukansatukaliposttestsehinggatidakdiketahuisecarapastiberapalamaefekpemberiantreatment.Adabaiknyajikadilakukanlebihdarisatukalipemberianposttestuntukmelihattingkatefektivitasjangkapanjangtreatmentpelatihanasertivitasterhadappeningkatanperilakuasertifsubjekpenelitian