Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-II SMPN 1 Watulimo Trenggalek / Aditia Yulia Krisnawati
Main Author: | Krisnawati, Aditia Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18065/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKrisnawatiY.Aditia.2009.PenerapanPembelajarankooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIII-HSMPNegeri1WatulimoTrenggalek.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.WartonoM.Pd(2)Drs.PurboSuwasonoM.SiKatakunciNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiHasilBelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandiSMPNegeri1WatulimoTrenggalekpadakelasVIII-Hdiketahuibahwamotivasibelajarsiswasangatrendahindikasinyaadalahsiswaterlihatbermalas-malasansaatmengikutipembelajaranjarangsekaliaktivitasbelajaryangdilakukansiswaselamaprosespembelajaranberlangsungsiswakurangmemperhatikanpenjelasandariguru.HalinidisebabkankarenapembelajaranyangdigunakanmasihberpusatpadaguruatauTeachercentermetodeyangdigunakandidominasiolehmetodeceramah.Hasilobservasijugamenunjukkanbahwahasilbelajaraspekkognitifdanaspekpsikomotoriksangatrendah.Rata-ratanilaiulanganharianbabsebelumnya58siswayangmendapatnilai880570adalah22siswa(50%)dari44siswa.SiswajarangsekalidiajakmelakukanpraktikumFisikasehinggaaspekpsikomotoriksiswarendah.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.UntukmencapaitujuantersebutdilakukandenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).ModelpembelajaraniniterdiridariempatsintakyaituNumbering(Penomoran)Questioning(Pertanyaan)HeadsTogether(berfikirbersama)Answering(Menjawab).Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianinidilakukandalamduaSiklusdengandisertaiperbaikansetiapsiklusnya.Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaanpemberiantindakankelasobservasisertarefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-HSMPNegeri1WatulimoTrenggalekdenganjumlahsiswa44orangyangyangterdiridariadalah19putradan25putri.HasilpenelitianmenunjukkanMotivasidanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.PeningkataninidapatdilihatpadaperbandingansiklusIdengansiklusII.Untukmotivasibelajaryangmeliputiempataspekyaituminatmeningkatsebesar15aspekperhatian21aspekkonsentrasi6danaspekketekunanmeningkatsebesar19.Kemudianhasilbelajaryangmeliputiduaaspekyaitupadaaspekkognitifdanaspekpsikomotorik.Untukaspekkognitifterjadipeningkatansebesar136%siswayangmendapatkannilai880570kemudianaspekpsikomotorjugamengalamipeningkatanpadasetiapaspeknyayaitukemampuanmenyusunalatmeningkatsebesar19kemampuanmelakukanpecobaanmeningkatsebesar22danketelitianmembacaalatukurmeningkatsebesar11.SehinggadapatdisimpulkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.