Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-II SMPN 1 Watulimo Trenggalek / Aditia Yulia Krisnawati

Main Author: Krisnawati, Aditia Yulia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18065/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKrisnawatiY.Aditia.2009.PenerapanPembelajarankooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIII-HSMPNegeri1WatulimoTrenggalek.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.WartonoM.Pd(2)Drs.PurboSuwasonoM.SiKatakunciNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiHasilBelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukandiSMPNegeri1WatulimoTrenggalekpadakelasVIII-Hdiketahuibahwamotivasibelajarsiswasangatrendahindikasinyaadalahsiswaterlihatbermalas-malasansaatmengikutipembelajaranjarangsekaliaktivitasbelajaryangdilakukansiswaselamaprosespembelajaranberlangsungsiswakurangmemperhatikanpenjelasandariguru.HalinidisebabkankarenapembelajaranyangdigunakanmasihberpusatpadaguruatauTeachercentermetodeyangdigunakandidominasiolehmetodeceramah.Hasilobservasijugamenunjukkanbahwahasilbelajaraspekkognitifdanaspekpsikomotoriksangatrendah.Rata-ratanilaiulanganharianbabsebelumnya58siswayangmendapatnilai880570adalah22siswa(50%)dari44siswa.SiswajarangsekalidiajakmelakukanpraktikumFisikasehinggaaspekpsikomotoriksiswarendah.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.UntukmencapaitujuantersebutdilakukandenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).ModelpembelajaraniniterdiridariempatsintakyaituNumbering(Penomoran)Questioning(Pertanyaan)HeadsTogether(berfikirbersama)Answering(Menjawab).Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianinidilakukandalamduaSiklusdengandisertaiperbaikansetiapsiklusnya.Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaanpemberiantindakankelasobservasisertarefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-HSMPNegeri1WatulimoTrenggalekdenganjumlahsiswa44orangyangyangterdiridariadalah19putradan25putri.HasilpenelitianmenunjukkanMotivasidanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.PeningkataninidapatdilihatpadaperbandingansiklusIdengansiklusII.Untukmotivasibelajaryangmeliputiempataspekyaituminatmeningkatsebesar15aspekperhatian21aspekkonsentrasi6danaspekketekunanmeningkatsebesar19.Kemudianhasilbelajaryangmeliputiduaaspekyaitupadaaspekkognitifdanaspekpsikomotorik.Untukaspekkognitifterjadipeningkatansebesar136%siswayangmendapatkannilai880570kemudianaspekpsikomotorjugamengalamipeningkatanpadasetiapaspeknyayaitukemampuanmenyusunalatmeningkatsebesar19kemampuanmelakukanpecobaanmeningkatsebesar22danketelitianmembacaalatukurmeningkatsebesar11.SehinggadapatdisimpulkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.