Penerapan pembelajaran kooperatif model group investitagation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek / Umi Rosyidah

Main Author: Rosyidah, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18062/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilwawancaradenganguruFisikaIbuRatnaIndrianidanobservasiawalpadakelasVIII-CSMPN1Watulimodiketahuidalampembelajaranmetodeyangseringditerapkanceramah.BerdasarkanhasilpenyebaranangketsebelumpelaksanaantindakandiperolehmotivasibelajarFisikasiswarata-ratasebesar65%dengankategoripenilaiancukupbaik.HasilbelajarFisikayangdiperoleh47%siswamendapatkannilaidibawahSKM.Kesulitanyangdihadapiolehparaguruadalahbagaimanamengaktifkansiswaselamaprosespembelajaranmeningkatkanantusiasmesiswaterhadapmateriyangdiajarkanmengajaksiswauntukmengkonstruksendiripengetahuanyangdiperolehdanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.UntukmengatasipermasalahantersebutmakaditerapkanModelPembelajaranKooperatifGroupInvestigation(GI).PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatas2siklus.Penelitiandilaksanakanmulaitanggal12Januari-2Februari2009.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-CSMPN1Watulimosemester2tahunajaran2008/2009.InstrumenyangdigunakanterdiridariinstrumentindakanyaituRPPdanLembarKerjaSiswadaninstrumenpengukuranyaituangketmotivasibelajarlembarobservasiketerlaksanaanRPPlembaraktivitasdanketerampilankooperatifsiswalembarpenilaianlaporanteskognitifdancatatanlapangan.DatapenelitanberupadatahasilketerlaksanaanRPPmotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.Aspekpeningkatanmotivasibelajarsiswayangdicapaiolehsiswadihitungberdasarkanpersentasemotivasibelajarsiswadanhasilbelajardiperolehdengancaramencaripersentaserata-ratanilaitesdannilailaporanprakteksiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaanrencanapelaksanaanpembelajaranaktivitasgurusebesar100%danaktivitassiswameningkatsebesar6%.PersentasemotivasibelajarsiswapadasiklusIdanII82%meningkatdariprasiklussebesar17%.PersentasehasilbelajarFisikasiswapadaawalsebelumperlakuansebesar53%siklusIadalah69%danmeningkatsebesar22%padasiklusIImenjadi75%.BerdasarkandatatersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIII-CSMPN1Watulimosebesar17%danmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar22%.Disarankanpenelitianinidapatdijadikanbahanpertimbanganbagigurubidangstudiataupunpenelitiyanglainuntukmenerapkanmodelpembelajarantersebutdenganmengukurpeningkatanaktivitasberpendapatsiswa.