Penerapan pembelajaran kooperatif model group investitagation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek / Umi Rosyidah
Main Author: | Rosyidah, Umi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18062/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilwawancaradenganguruFisikaIbuRatnaIndrianidanobservasiawalpadakelasVIII-CSMPN1Watulimodiketahuidalampembelajaranmetodeyangseringditerapkanceramah.BerdasarkanhasilpenyebaranangketsebelumpelaksanaantindakandiperolehmotivasibelajarFisikasiswarata-ratasebesar65%dengankategoripenilaiancukupbaik.HasilbelajarFisikayangdiperoleh47%siswamendapatkannilaidibawahSKM.Kesulitanyangdihadapiolehparaguruadalahbagaimanamengaktifkansiswaselamaprosespembelajaranmeningkatkanantusiasmesiswaterhadapmateriyangdiajarkanmengajaksiswauntukmengkonstruksendiripengetahuanyangdiperolehdanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.UntukmengatasipermasalahantersebutmakaditerapkanModelPembelajaranKooperatifGroupInvestigation(GI).PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatas2siklus.Penelitiandilaksanakanmulaitanggal12Januari-2Februari2009.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-CSMPN1Watulimosemester2tahunajaran2008/2009.InstrumenyangdigunakanterdiridariinstrumentindakanyaituRPPdanLembarKerjaSiswadaninstrumenpengukuranyaituangketmotivasibelajarlembarobservasiketerlaksanaanRPPlembaraktivitasdanketerampilankooperatifsiswalembarpenilaianlaporanteskognitifdancatatanlapangan.DatapenelitanberupadatahasilketerlaksanaanRPPmotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.Aspekpeningkatanmotivasibelajarsiswayangdicapaiolehsiswadihitungberdasarkanpersentasemotivasibelajarsiswadanhasilbelajardiperolehdengancaramencaripersentaserata-ratanilaitesdannilailaporanprakteksiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaanrencanapelaksanaanpembelajaranaktivitasgurusebesar100%danaktivitassiswameningkatsebesar6%.PersentasemotivasibelajarsiswapadasiklusIdanII82%meningkatdariprasiklussebesar17%.PersentasehasilbelajarFisikasiswapadaawalsebelumperlakuansebesar53%siklusIadalah69%danmeningkatsebesar22%padasiklusIImenjadi75%.BerdasarkandatatersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIII-CSMPN1Watulimosebesar17%danmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar22%.Disarankanpenelitianinidapatdijadikanbahanpertimbanganbagigurubidangstudiataupunpenelitiyanglainuntukmenerapkanmodelpembelajarantersebutdenganmengukurpeningkatanaktivitasberpendapatsiswa.