Penerapan metode demonstrasi terbimbing dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C semester I SMP Negeri 10 Malang / Nining Wahyuningsih

Main Author: Wahyuningsih, Nining
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18056/
Daftar Isi:
  • 4ABSTRAKWahyuningsihNining.2009.PenerapanMetodeDemonstrasiTerbimbingdalamUpayaMeningkatkanKualitasPembelajarandanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasVIIISemesterISMPNegeri10Malang.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PurboSuwasonoM.Si.(II)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KatakuncidemonstrasiterbimbingprestasibelajarkualitaspembelajaranPembelajaranFisikadiSMPNegeri10Malangtelahmenggunakanmetodediantaranyaberupaceramahdiskusidankadang-kadangmetodedemonstrasi.Namundidalamimplementasinyasiswamasihkurangdalamketerampilanproses.Kekurangterampilnyasiswamenyebabkanhasilbelajartidakdapatberjalanoptimal.Untukituperludiupayakanmetodepembelajaranyangdapatmembangkitkanmotivasibelajarmemberikanpenjelasandanmemberikanstimulusataurangsangan.Metodedemonstrasiterbimbinginimerupakansalahsatumetodeyangdapatmemenuhikeperluanini.SelainitupembelajaranpembelajaranfisikadiSMPNegeri10Malangbelummenerapkanmetodedemonstrasiterbimbing.Denganpenerapanmetodedemonstrasiterbimbingdidalampembelajaranfisikasiswaakanlebihtermotivasidalambelajarsiswaakanlebihmendapatkanpenjelasandanmemberikanrangsanganataustimulusdanpadaakhirnyaakanmeningkatkankualitaspembelajarafisikadanprestasibelajarsiswaterhadappembelajaranfisika.PenelitianinimengkajitentangadatidaknyapeningkatankualitasdanPrestasibelajarsiswasetelahditerapkannyametodedemonstrasiterbimbingdalampembelajarankualitatif.Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.SumberdatadalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII-CSMPNegeri10Malangsemester1tahunpelajaran2008/2009.SetelahdilakukananalisissecaradiskriptifdiperolehdataanalisisprestasibelajarsiswamenggunakanpretesdanpostespadasiklusIdidapatnilairata-ratakelas4092sedangkanuntuksiklusIIdidapatrata-ratakelassebesar6103.Prestasisiswamengalamipeningkatansebesar2011artinyasetelahditerapkannyametodedemonstrasiterbimbingdidalampembelajarankualitatifprestasibelajarsiswamengalamipeningkatan.Sedangkanuntukkualitaspembelajaranfisikasiswayangdiukurdariketerampilanprosesdarisetiappertemuanmengalamipeningkatandalamhalketerampilandalammenggunakanalatmengukurmenganalisisdatamenarikkesimpulandanketerampilandalambertanya.Diharapkanbagigurufisikamenerapkanmetodedemonstrasiterbimbingdalampembelajaranfisikasebagaialternatifuntukmeningkatkankualitasbelajarfisikasiswaagarprestasibelajarnyamakinmeningkat.