Pengembangan instrumen evaluasi IPA terpadu untuk mengukur prestasi belajar siswa SMP pada tema energi kalor dalam kehidupan / Choiriyatun Nikmah

Main Author: Nikmah, Choiriyatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18042/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKChoiriyatunNikmah.2009.PengembanganInstrumenEvaluasiIPATerpaduuntukMengukurPrestasiBelajarSiswaSMPpadaTemaEnergiKalordalamKehidupan.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd(II)Drs.AgusSuyudiM.PdKatakunciinstrumenevaluasiIPAterpaduprestasibelajarBerdasarkanwawancaradenganguruIPAdiSMPNegeri4MalangdiketahuibahwapembelajaranIPAterpadusudahmulaiditerapkan.SalahsatutemayangdigunakanguruuntukpembelajaranIPAterpadudikelasVIIadalahenergikalordalamkehidupan.Namunbelumadainstrumenevaluasiuntukmengukurprestasibelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkaninstrumenevaluasisesuaidengankarakteristikIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswaSMPpadatemaenergikalordalamkehidupandanuntukmenemukankelebihandankekuranganinstrumenevaluasiIPAterpaduyangdikembangkan.Penelitianiniberdasarkanlangkah-langkahpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopmentRD)yangdikemukakanolehBorgdanGallyangtelahdimodifikasi.Kegiatanpadalangkah-langkahpenelitianpengembanganiniadalah(1)studipendahuluanyangmeliputistudipustakasurveylapangandanpenyusunandrafinstrumenevaluasidan(2)pengembanganmeliputijudgementrevisidrafinstrumenevaluasiujicobaterbatasanalisisbutirsoaldanprodukhasilpengembangan.ProdukpengembanganiniadalahinstrumenevaluasiIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswapadaranahkognitifdalambentukpilihangandadenganempatpilihanjawaban.Hasilevaluasiolehevaluatormenunjukkanbahwainstrumenevaluasiyangdikembangkanmemenuhikriteriabaikdenganpersentaserata-rata9652%.Berdasarkanhasilanalisisbutirsoalyangmeliputivaliditastarafkesukarandayabedadanreliabilitasdiketahuibahwadari40butirsoalyangdibuat80%(32butirsoal)diterimatanparevisisedangkanbutirsoalyangditerimadenganrevisisebanyak125%(5butirsoal)dansebanyak75%(3butirsoal)ditolak.Kelebihaninstrumenevaluasiinidiantaranyaadalahdapatdigunakansebagaiinstrumenevaluasiuntukmengukurpadaprestasibelajarsiswapadaranahkognitifsebagaipelengkapinstrumenevaluasidalampembelajaranterpadu.Selainitupemeriksaanhasiltesdapatdibantuolehoranglainsehinggadapatdilakukandenganlebihcepatdanmudah.Kekurangannyaadalahinstrumenevaluasiinihanyabisadigunakanuntukmengukurprestasibelajarpadaranahkognitifsajabelumdapatmengukurprestasibelajarpadaranahpsikomotor.