Pengembangan instrumen evaluasi IPA terpadu untuk mengukur prestasi belajar siswa SMP pada tema energi kalor dalam kehidupan / Choiriyatun Nikmah
Main Author: | Nikmah, Choiriyatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18042/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKChoiriyatunNikmah.2009.PengembanganInstrumenEvaluasiIPATerpaduuntukMengukurPrestasiBelajarSiswaSMPpadaTemaEnergiKalordalamKehidupan.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd(II)Drs.AgusSuyudiM.PdKatakunciinstrumenevaluasiIPAterpaduprestasibelajarBerdasarkanwawancaradenganguruIPAdiSMPNegeri4MalangdiketahuibahwapembelajaranIPAterpadusudahmulaiditerapkan.SalahsatutemayangdigunakanguruuntukpembelajaranIPAterpadudikelasVIIadalahenergikalordalamkehidupan.Namunbelumadainstrumenevaluasiuntukmengukurprestasibelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkaninstrumenevaluasisesuaidengankarakteristikIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswaSMPpadatemaenergikalordalamkehidupandanuntukmenemukankelebihandankekuranganinstrumenevaluasiIPAterpaduyangdikembangkan.Penelitianiniberdasarkanlangkah-langkahpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopmentRD)yangdikemukakanolehBorgdanGallyangtelahdimodifikasi.Kegiatanpadalangkah-langkahpenelitianpengembanganiniadalah(1)studipendahuluanyangmeliputistudipustakasurveylapangandanpenyusunandrafinstrumenevaluasidan(2)pengembanganmeliputijudgementrevisidrafinstrumenevaluasiujicobaterbatasanalisisbutirsoaldanprodukhasilpengembangan.ProdukpengembanganiniadalahinstrumenevaluasiIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswapadaranahkognitifdalambentukpilihangandadenganempatpilihanjawaban.Hasilevaluasiolehevaluatormenunjukkanbahwainstrumenevaluasiyangdikembangkanmemenuhikriteriabaikdenganpersentaserata-rata9652%.Berdasarkanhasilanalisisbutirsoalyangmeliputivaliditastarafkesukarandayabedadanreliabilitasdiketahuibahwadari40butirsoalyangdibuat80%(32butirsoal)diterimatanparevisisedangkanbutirsoalyangditerimadenganrevisisebanyak125%(5butirsoal)dansebanyak75%(3butirsoal)ditolak.Kelebihaninstrumenevaluasiinidiantaranyaadalahdapatdigunakansebagaiinstrumenevaluasiuntukmengukurpadaprestasibelajarsiswapadaranahkognitifsebagaipelengkapinstrumenevaluasidalampembelajaranterpadu.Selainitupemeriksaanhasiltesdapatdibantuolehoranglainsehinggadapatdilakukandenganlebihcepatdanmudah.Kekurangannyaadalahinstrumenevaluasiinihanyabisadigunakanuntukmengukurprestasibelajarpadaranahkognitifsajabelumdapatmengukurprestasibelajarpadaranahpsikomotor.