Penerapan pembelajaran IPA terpadu model integrasi (integrated model) berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMPN 4 Malang tahun ajaran 2008/2009 / A. Joni Fairuzza Baady
Main Author: | Baady, A. Joni Fairuzza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18040/ |
Daftar Isi:
- Upayayangdilakukanpemerintahuntukmeningkatkanmutupendidikanadalahpembaharuankurikulum.BerkaitandenganpembaharuankurikulumsekaranginipemerintahsedangmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).BerdasarkanamanatKTSPmodelpembelajaranIPAterpadumerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdianjurkankurikulumuntukdiaplikasikanpadasemuajenjangpendidikanmulaidaritingkatsekolahDasar/MadrasahIbtidaiyah(SD/MI)sampaidengansekolahmenengahatas/MadrasahAliyah(SMA/MA).BerdasarkanobservasiawalyangdilakukandiSMPNegeri4MalangpadakelasVII-CpembelajaranIPAmasihdilakukansecaraterpisah.ModelpembelajaranyangseringdigunakanmasihmenggunakanmetodeceramahdemonstrasisehinggapembelajaranIPAcenderungmembosankan.HalinidisebabkankarenagurubelummempraktekkanmodelpembelajaranIPAterpadusehinggahasilbelajarsiswamasihrendah.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.KetercapaiantujuantersebutdilakukandenganmenerapkanpembelajaranIPAterpadumodelintegrasi(integratedmodel)berbasiskonstruktivisme.ModelpembelajaraninimemadukanbeberapapokokbahasandalamsatubidangstudiyaituIPAsehinggasiswadapatmempelajarifenomenadariberbagaisisi.Modelinidilakukandenganmetodedemonstrasieksperimendandiskusikelompoksehinggalebihbermaknabagisiswa.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.SedangkanjenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SiklusPenelitianmenggunakanduasiklusdisertaiperbaikansetiapsiklusnya.Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaanpemberiantindakankelasobservasisertarefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVII-CSMPNegeri4Malangdenganjumlah43siswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaformatpenilaianhasilbelajarsiswarekamandatadancatatanlapangan.InstrumentindakanyangdigunakanmeliputiLKSdanRPP.PenerapanpembelajaranIPAterpadumodelintegrasi(integratedmodel)berbasiskostruktivismedalampenelitianinimenunjukkanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.PeningkataninidapatdilihatpadaperbandingansiklusIdengansiklusIImeliputiketigaaspekyaitupadaaspekkognitifterjadipeningkatansebesar466%padaaspekafektifterjadipeningkatansebesar1163%padaaspekpsikomotorjugamengalamipeningkatansebesar930%.