Penerapan pembelajaran IPA terpadu model integrasi (integrated model) berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMPN 4 Malang tahun ajaran 2008/2009 / A. Joni Fairuzza Baady

Main Author: Baady, A. Joni Fairuzza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18040/
Daftar Isi:
  • Upayayangdilakukanpemerintahuntukmeningkatkanmutupendidikanadalahpembaharuankurikulum.BerkaitandenganpembaharuankurikulumsekaranginipemerintahsedangmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).BerdasarkanamanatKTSPmodelpembelajaranIPAterpadumerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdianjurkankurikulumuntukdiaplikasikanpadasemuajenjangpendidikanmulaidaritingkatsekolahDasar/MadrasahIbtidaiyah(SD/MI)sampaidengansekolahmenengahatas/MadrasahAliyah(SMA/MA).BerdasarkanobservasiawalyangdilakukandiSMPNegeri4MalangpadakelasVII-CpembelajaranIPAmasihdilakukansecaraterpisah.ModelpembelajaranyangseringdigunakanmasihmenggunakanmetodeceramahdemonstrasisehinggapembelajaranIPAcenderungmembosankan.HalinidisebabkankarenagurubelummempraktekkanmodelpembelajaranIPAterpadusehinggahasilbelajarsiswamasihrendah.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.KetercapaiantujuantersebutdilakukandenganmenerapkanpembelajaranIPAterpadumodelintegrasi(integratedmodel)berbasiskonstruktivisme.ModelpembelajaraninimemadukanbeberapapokokbahasandalamsatubidangstudiyaituIPAsehinggasiswadapatmempelajarifenomenadariberbagaisisi.Modelinidilakukandenganmetodedemonstrasieksperimendandiskusikelompoksehinggalebihbermaknabagisiswa.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.SedangkanjenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SiklusPenelitianmenggunakanduasiklusdisertaiperbaikansetiapsiklusnya.Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaanpemberiantindakankelasobservasisertarefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVII-CSMPNegeri4Malangdenganjumlah43siswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaformatpenilaianhasilbelajarsiswarekamandatadancatatanlapangan.InstrumentindakanyangdigunakanmeliputiLKSdanRPP.PenerapanpembelajaranIPAterpadumodelintegrasi(integratedmodel)berbasiskostruktivismedalampenelitianinimenunjukkanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.PeningkataninidapatdilihatpadaperbandingansiklusIdengansiklusIImeliputiketigaaspekyaitupadaaspekkognitifterjadipeningkatansebesar466%padaaspekafektifterjadipeningkatansebesar1163%padaaspekpsikomotorjugamengalamipeningkatansebesar930%.