Perbedaan kematangan emosi siswa kelas VIII reguler dan siswa kelas VIII RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Interasional) di SMP Negeri 5 Malang / Silfia Susanti

Main Author: Susanti, Silfia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1804/
Daftar Isi:
  • KatakunciKematanganemosiregulerRSBISMPKematanganemosimerupakanhalyangberperanpentingdalamkehidupandanperilakuindividuuntukmengontrolekspresidanjugamembantuindividuuntukmenyelesaikanpermasalahannya.MenurutGoleman(19997)kematanganemosiadalahkemampuanuntukmenyelesaikanproblem-problempribaditanpaadanyakeselarasanantaragangguanperasaandanketidakmampuanuntukmempertimbangkanpendapatoranglainterhadapkeinginan-keinginanindividusesuaidenganharapanmasyarakatdankemampuanuntukmengungkapkanemosiyangtepatsehubungandenganpengertiankitaterhadaporanglain.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)KematanganemosisiswakelasVIIIReguler(2)KematanganemosisiswakelasVIIIRSBI(3)PerbedaankematanganemosiantarasiswakelasVIIIRegulerdengansiswakelasVIIIRSBIdiSMPNegeri5Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdalamusahamengujihipotesisyangtelahdisusun.Dalampenelitianyangbersifatkuantitatifiniprosespenelitianbanyakmenggunakanangkamulaidaripengumpulanpenafsirandanpenyajianhasil(Arikunto200612).Rancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkomparatifyaitupenelitianyangbertujuanuntukmembandingkankesamaandanperbedaansuatugejalaperistiwadanmasalah-masalahyangadasekarang(Arikunto200658).VariabeldalampenelitianiniadalahvariabeltunggalyaitukematanganemosisiswakelasVIIIRegulerdansiswakelasVIIIRSBI.Variabelkematanganemosidijabarkandalamindikatordandeskriptor.Alasanpenggunaanrancanganpenelitianjenisdeskriptifkomparatifadalahkarenarancanganinisesuaidengantujuanpeneliti.PenelitianyangdilakukandisinibertujuanuntukmemperolehdeskripsimengenaiperbedaantingkatkematanganemosisiswakelasVIIIRegulerdansiswakelasVIIIRSBIPopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIRSBIdansiswakelasVIIIregulersejumlah202orangsiswa.Teknikyangdigunakanuntukpenarikansampelpenelitianadalahclusterrandomsamplingdantotalsampling.ClusterrandomsamplingdigunakanuntukpenarikansampeldarisiswakelasVIIIRegulerdandiperolehsiswakelasVIIIAVIIIBdanVIIICsejumlah112orangsiswasedangkantotalsamplingdigunakanuntukpenarikansampeldarikelasVIIIRSBIdandiperoleh90orangsiswa.Pengumpulandatamenggunakanangketkematanganemosi.Analisisdatadenganpresentasedanuji-t.Beberapakesimpulanyangdiperolehadalahsedikit(1117%)siswaprogramReguleryangkematanganemosinyabaikcukupbanyak(4864%)siswaprogramreguleryangkematanganemosinyacukupcukupbanyak(3963%)pulasiswaprogramreguleryangkematanganemosinyakurangbaik.Jadidapatdilihatdarihasilpenelitiantersebutbahwasiswaprogramregulersebagianbesarmemilikitingkatkematanganemosiyangcukupbaik.Sedikit(1279%)siswaprogramRSBIyangkematanganemosinyakurangbaikcukupbanyak(2558%)siswaprogramRSBIyangkematanganemosinyabaikbanyak(6162%)siswaprogramRSBIyangkematanganemosinyacukupbaik.JadidapatdilihatdarihasilpenelitiantersebutbahwasiswaprogramRSBIsebagianbesarmemilikitingkatkematanganemosiyangcukupbaik.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaberdasarkanmeandiketahuibahwadari202subjekyangtermasuksiswaprogramregulermemilikirata-rata2301261.SedangkansiswaRSBImemilikirata-rata2281628.Berdasarkanhasilperhitunganuji-tdiketahuibahwabahwakeduarata-ratapopulasiadalahidentikkarenanilaiSig.(0422)005.danthitung(0804)ttabel(1972).SehinggadarihasilujihipotesisdiketahuibahwatidakadaperbedaankematanganemosiantarasiswaprogramRSBIdengansiswaprogramregulerBeberapasaranyangdapatdiberikanolehpenelitidiantaranyasebaiknyagurulebihmeningkatkanhubungandengansiswa.Selainitugurujugadiharapkandapatbersikaplebihterbukadengansiswadantidakmenilaisiswadarisikapdanperilakumerekayangsudahlebihbaikdarisebelumnya.Halinidapatmenjadikansiswakurangmemahamiakandirinyasendiridanberpengaruhpadasemangatbelajarsiswadisekolah.Untukkonselorkonselordapat(1)meningkatkankesadarandiridansosialsiswakonselordapatmengajaksiswauntukbelajardiluarruangandanjugameningkatkanpemahamanakanlingkungandisekitartempattinggalsiswa.Konselordapatmemberikantugaskepadasiswauntukmembuatotobiografisiswadenganbegitusiswadapatlebihmemahamidirinyasendiridanjugalingkungansekitarsiswa(2)selainitukonselorjugadapatmembantusiswauntukmengaturjadwalhariansiswaberkaitandenganpengaturanwaktu.Ketrampilansosialsiswadapatdikembangkandengansosiaodramakonselorjugadapatmengetahuihubungansosialsiswadikelasdenganmemberikantessosiometrikepadasiswa.(3)Orangtuasiswadiharapkanterusmemperhatikanperkembangananaknyakhususnyahubungansosialnyadanmembangunkomunikasiterbukadengananakmisalnyadiskusimengenaipermasalahananak.Selainituorangtuasiswasebaiknyamenumbuhkansikapdisiplinpadasiswasejakdini.Halinidimaksudkanagaranakdapatmemilikimanajemenwaktudanmanajemendiriyangbaiksehinggaanaktidakmeluapkanemosinyasecaratidakteratur.UntuklebihmeyakinkanhasilpenelitianinimakahendaknyadiadakanpenelitianberkelanjutantentangkematanganemosisiswaRSBIdanregulerpadatahun-tahunselanjutnya.Karenahasildaripenelitianinibelumtentusamajikadilpenuliskanpenelitianditempatyangberbedadengankarakteryangberbedamaupunkaraktersiswayangsama.