Penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar disika siswa kelas VIII-C SMPN 19 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Puji Astuti

Main Author: Astuti, Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18036/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAstutiPuji.2009.PenerapanPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifdanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasVIII-CSMPNegeri19MalangTahunAjaran2008/2009.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Subani(2)Drs.ParnoM.SiKatakuncipembelajaranberbasismasalahkemampuanberpikirkreatifprestasibelajarfisikaHasilobservasiawalyangdilakukandikelasVIII-CSMPN19Malangmenunjukanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswamasihkurangdalamhalkelancarankeluwesankeasliandankerinciandenganpersentaserata-ratasebesar5208%.PrestasibelajarfisikasiswayangmasihdibawahstandarKKMadalahsebesar65%.Berdasarkankenyataantersebutperluditerapkanmodelpembelajaranyangdapatmelatihkemampuanberpikirkreatifdanmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswayaitumodelpembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning).Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuidampakpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdalammeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswamenjadi880560%danprestasibelajarfisikasiswamenjadi880575%.Penelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-CSMPN19Malangdenganjumlah30siswa.Pokokbahasanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpesawatsederhanadantekanan.InstrumenpenelitianberupaRPPLKSlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranberbasismasalahcatatanlapanganteskemampuanberpikirkreatifdantesprestasibelajar.Teknikanalisisdatayaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifdanprestasibelajarsiswa.Haliniditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentasekemampuanberpikirkreatifdari5208%padaobservasiawalmeningkatmenjadi5290%padasiklusIdanmeningkatlagipadasiklusIImenjadi6082%.PrestasibelajarsiswapadasiklusImeningkatmenjadi70%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8333%.Mengenaiketerlaksanaanpelaksanaanpembelajaranberbasismasalahdapatdikatakanbahwadalamsetiapsiklusnyaterjadipeningkatanyaitudari95%meningkatmenjadi100%.