Penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar disika siswa kelas VIII-C SMPN 19 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Puji Astuti
Main Author: | Astuti, Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18036/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAstutiPuji.2009.PenerapanPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifdanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasVIII-CSMPNegeri19MalangTahunAjaran2008/2009.SkripsiProgramStudiPendidikanFisika.JurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Subani(2)Drs.ParnoM.SiKatakuncipembelajaranberbasismasalahkemampuanberpikirkreatifprestasibelajarfisikaHasilobservasiawalyangdilakukandikelasVIII-CSMPN19Malangmenunjukanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswamasihkurangdalamhalkelancarankeluwesankeasliandankerinciandenganpersentaserata-ratasebesar5208%.PrestasibelajarfisikasiswayangmasihdibawahstandarKKMadalahsebesar65%.Berdasarkankenyataantersebutperluditerapkanmodelpembelajaranyangdapatmelatihkemampuanberpikirkreatifdanmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswayaitumodelpembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning).Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuidampakpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdalammeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswamenjadi880560%danprestasibelajarfisikasiswamenjadi880575%.Penelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-CSMPN19Malangdenganjumlah30siswa.Pokokbahasanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpesawatsederhanadantekanan.InstrumenpenelitianberupaRPPLKSlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranberbasismasalahcatatanlapanganteskemampuanberpikirkreatifdantesprestasibelajar.Teknikanalisisdatayaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifdanprestasibelajarsiswa.Haliniditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentasekemampuanberpikirkreatifdari5208%padaobservasiawalmeningkatmenjadi5290%padasiklusIdanmeningkatlagipadasiklusIImenjadi6082%.PrestasibelajarsiswapadasiklusImeningkatmenjadi70%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8333%.Mengenaiketerlaksanaanpelaksanaanpembelajaranberbasismasalahdapatdikatakanbahwadalamsetiapsiklusnyaterjadipeningkatanyaitudari95%meningkatmenjadi100%.