Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-A SMP Negeri 19 Malang / Yulia Prihatini
Main Author: | Prihantini, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18032/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrihantiniYulia.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTPS(ThinkPairShare)untukMeningkatkanAktivitasdanPrestasiBelajarSiswakelasVII-ASMPNegeri19Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusSuyudiM.Pd(2)Drs.AsimM.Pd.KatakunciThinkPairShareaktivitasdanprestasiBerdasarkanhasilwawancaradanobservasiawalyangdilakukanpenelitipadagurudansiswakelasVII-ASMPNegeri19Malangmodelyangseringdigunakangurudalampembelajaranfisikaadalahmodelpembelajaranyangmenekankanmetodeceramah.Metodeceramahmembuatsiswaberperansebagaiobjekdalamprosespembelajaran.Halinimenyebabkansiswacenderungbosansehinggasiswamenjadimalasbelajar.Olehkarenaitudiperlukansuatumodelyangdapatmembangkitkangairahbelajarsiswamenjadilebihaktifdalamprosespembelajaran.PenelitianinimempergunakanmodelpembelajaranThinkPairSharedalamupayameningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswakarenamodelThinkPairShareiniterdiriatastahapan-tahapanyaitutahapberpikirsecaraindividutahapberpasangandantahapberbagi.Setiaptahapandalammodelmenuntutsiswauntuklebihaktifdalamprosespembelajaransehinggasiswatidakcenderungpasif.Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitiandalampenelitianiniadalahsiswakelasVII-ASMPNegeri19Malangyangberjumlah40siswayangterdiriatas19siswaperempuandan21siswalaki-laki.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmelaluiteslembarkerjasiswaobservasicatatanlapangandandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahdenganmenggunakanpersentasekeberhasilantindakanyangmenunjukkanpeningkatanaktivitasbelajarsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranmodelThinkPairSharedapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswa.HaltersebutterlihatdarihasilobservasiawalaktivitasbelajarsiswakurangnampaknamunsetelahditerapkanmodelthinkpairshareaktivitassiswakelasVII-Anampakdenganpersentasekeberhasilantindakansebesar483%padasiklusIdanpadasiklusIImenjadi595%dengankriteriasedangpadakeduasiklus.Demikianjugadenganprestasibelajarsiswaberdasarkannilaiulangansebelumtindakanhanya19siswayangtuntasbelajarkemudiansetelahditerapkanmodelthinkpairshareprestasisiswamelonjakmenjadi23siswayangtuntasbelajarwalaudengannilaisedikitdiatasstandartketuntasanminimum(SKM).KemudianpadasiklusIIkelasVII-Amencapaiketuntasanklasikalsebesar80%Berdasarkanhasilpenelitianmodelthinkpairsharedapatdijadikansebagaisalahsatupilihanbagigurudalammelaksanakankegiatanpembelajaranfisikagunameningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswa.