Penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII-B SMP Dharma Wanita Unibraw Malang / Herlin Tri Rochmawati

Main Author: Rochmawati, Herlin Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18021/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRochmawatiTriHerlin.2008.PenerapanPembelajaranKontekstualModelSiklusBelajaruntukMeningkatkanPrestasiBelajardanKemampuanKerjaIlmiahSiswaKelasVIII-BSMPDharmaWanitaUnibrawMalang.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AsimM.Pd(II)HariWisodoS.PdM.SiKatakuncikemampuankerjailmiahpembelajarankontekstualprestasibelajarsiklusbelajarBerdasarkanhasilwawancaradengangurufisikaSMPDharmaWanitaUnibrawMalangmenunjukkanbahwaselamaprosespembelajaranguruhanyamenggunakanmetodeceramah.Hasilobservasijugamenunjukkanbahwametodeeksperimenjarangdilakukan.Halitumenyebabkansiswahanyasebagaipenerimainformasidansiswamenjadipasifsertakurangantusiasdalammengikutipembelajaran.Siswakurangterampildalammenggunakanalat-alatpercobaandanmelakukanpercobaan.Prestasibelajarsiswajugasangatrendahsertajumlahsiswayangtuntasbelajarhanya345%dari29siswa.KetuntasanbelajarsiswadidasarkanpadaSKMyangtelahditetapkanolehsekolahyaitu60.Modelpembelajaranyangdipilihuntukmenumbuhkankeaktifansiswaadalahpembelajarandenganpendekatankontekstualmodelsiklusbelajar.PendekatanPembelajarankontekstualdiharapkanmampumenghasilkanpembelajaranyanglebihbermaknadansiswabelajarsecaraalamiahmelaluibekerjadanbelajar.Berdasarkanberbagaipermasalahantersebutgurudanpenelitisepakatuntukmenggunakanmetodesiklusbelajardengan4tahapanyaitueksplorasieksplanasiekspansidanevaluasi.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdengantindakanberupapenerapanpembelajarankontekstualmodelsiklusbelajaryangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitianinidilakukandiSMPDharmaWanitaUnibrawMalangdengansubjekpenelitiankelasVIII-B.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahprestasibelajardankemampuankerjailmiah.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitutesdanpedomanobservasi.Prosedurpengumpulandatapenelitianiniadalahwawancaraobservasidantes.Teknikanalisisyangdigunakanadalahreduksidatapaparandataverifikasipenarikankesimpulandanrefleksi.Ketercapaianhasilprestasibelajardankemampuankerjailmiahsiswadianalisisdenganmenggunakanpersentase.HasilanalisispadasiklusIdansiklusIImenunjukkanprestasibelajardankemampuankerjailmiahsiswakelasVIII-BSMPDharmaWanitaUnibrawMalangmengalamipeningkatan.PeningkatanprestasibelajardarisiklusIkesiklusIIadalah139%sedangkankemampuankerjailmiahdiperolehpeningkatansebesar51%.DilakukansiklusIIkarenaprestasibelajardankemampuankerjailmiahbelummemenuhiSKMbahkanaspekpengembangankreativitasdanpemecahanmasalahmengalamipenurunanskor.Meskipundemikianpenerapanpembelajarankontekstualdenganmodelsiklusbelajarmampumeningkatkanprestasibelajardankemampuankerjailmahsiswa.