Perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII antara yang diajar dengan model siklus belajar dan yang diajar dengan model konvensional pada SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Baroroh Putri Kurnia

Main Author: Kurnia, Baroroh Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18020/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniaBarorohPutri.2008.PerbedaanPrestasiBelajarFisikaSiswakelasVIIIAntarayangDiajardenganModelSiklusBelajardanyangDiajardenganModelKonvensionalpadaSiswaSMPDharmaWanitaUnivesitasBrawijayaMalangTahunPelajaran2007/2008.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Sumarjono(2)Drs.AsimM.Pd.KatakunciModelSiklusBelajar(LearningCycle)PrestasiBelajar.Pemilihanmetodepembelajaranfisikayangtepatdapatberdampakpositifterhadapprestasibelajarfisikasiswa.SelamainipembelajaranyangseringdigunakankhususnyadiSMPDharmaWanitaUniversitasBrawijayaadalahpembelajarankonvensional.Ternyatamodelkonvensionalmemilikiperbedaanpadaprestasibelajarfisikasiswa.BerdasarkanpermasalahantersebutmakadilakukanpenelitiandengantujuanuntukmenemukanefektifitaspembelajarandenganmodelSiklusBelajar(LearningCycle)terhadappeningkatanprestasibelajarfisikasiswadibandingdenganpembelajarankonvensionalpadasiswakelasVIIISMPDharmaWanitaUniversitasBrawijayaMalang.JenispenelitianiniadalahpenelitianEksperimensemu(Quasiexperiment)denganrancanganControlGroupPretestPostest.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPDharmaWanitaUniversitasBrawijayaMalangpadasemestergasaltahunajaran2007/2008.Sampeldalampenelitianiniadalah60siswayaitukelasVIII-AsebagaikelaskontroldankelasVIII-Bsebagaikelaseksperimen.Masing-masingkelasterdiridari30siswa.KetikapelaksanaanpenelitiankelompkeksperimendiajardenganpembelajaranModelSiklusBelajar(LearningCycle)dankelompokkontroldiajardenganpembelajaranmodelkonvensional.Ujiprasyaratyangdigunakanadalahujinormalitasujihomogenitasdanujikesamaanrata-ratapretest.PengolahandatamengunakanprogramSPSS13.0forwindows.Hasilanalisisujitpostestdiperolehthitungttabelyaitu296167dengansig(2-tailed)